Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan dan Filosofi Willy Sagnol di Balik Georgia Kalahkan Portugal

Kompas.com - 27/06/2024, 06:20 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber UEFA

KOMPAS.com - Pelatih timnas Georgia, Willy Sagnol, mengungkap pesan yang dia sampaikan di balik kemenangan atas Portugal pada laga terakhir penyisihan Grup F Euro 2024.

Timnas Georgia membuat kejutan dengan mengalahkan Portugal 2-0 di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, pada Rabu (26/6/2024) atau Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Kemenangan Georgia atas Portugal tercipta berkat gol yang dicetak Khvicha Kvaratskhelia (2') dan Georges Mikautadze (57'p).

Raihan tiga poin ini membawa Georgia lolos ke babak 16 besar via jalur salah satu tim urutan peringkat ketiga terbaik.

Baca juga: Hasil Georgia Vs Portugal 2-0, Gol Kilat Titisan Messi dan Ledakan Amarah Ronaldo

Setelah laga, Willy Sagnol mengungkap apa yang dia persiapkan dan lakukan sebelum anak asuhnya turun ke lapangan menghadapi Cristiano Ronaldo dkk.

"Sejujurnya, saya tidak dapat mengingat apa yang saya katakan kepada para pemain sebelum pertandingan," kata Sagnol dikutip dari situs resmi UEFA.

"Namun, pesannya adalah untuk memainkan sepak bola mereka; pertahankan disiplin ketika Anda tidak menguasai bola dan ketika Anda menguasainya, ambillah, mainkan," tutur Sagnol, eks pemain timnas Perancis.

"Saya mengatakan kepada mereka untuk mengingat bagaimana mereka bermain saat berusia 16 atau 17 tahun, tanpa berpikir panjang, dan mereka melakukannya dengan cemerlang hari ini, di atas semua ekspektasi," ucapnya.

Baca juga: Pemain Georgia Ungkap Kerendahan Hati Ronaldo, lalu Tukar Jersey

Sagnol pun buka suara soal filosofi bermain yang dia terapkan bersama timnas Georgia.

"Ketika berada di tim 'kecil', Anda tahu bahwa Anda tidak akan rugi apa-apa," ujar Sagnol.

"Satu-satunya hal yang kami katakan sebelum kompetisi adalah jangan menyesal, nikmati kompetisi ini sebaik mungkin seperti yang seharusnya kami lakukan," ucapnya.

"Anda tidak memiliki beban di pundak. Satu-satunya tanggung jawab yang kami miliki adalah membuat negara Georgia bangga dengan para pemainnya dan saya pikir kami telah melakukannya dengan cara terbaik," tuturnya.

Baca juga: Portugal Vs Slovenia Sulit bagi Ronaldo dkk, Kekalahan dari Georgia Jadi Bukti

Untuk selanjutnya, pada babak 16 besar, Georgia akan menghadapi Spanyol pada Senin (1/7/2024) pukul 02.00 dini hari WIB.

"Kami bermimpi untuk mencapai babak 16 besar. Kami tidak mencoba mencari tahu sebelum pertandingan siapa yang akan kami lawan jika kami menang," ucap Sagnol.

"Spanyol akan datang. Mereka mungkin tim terbaik di fase grup, jadi ini tantangan besar lainnya, seperti yang telah kami hadapi dalam turnamen ini," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com