Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Catatan Bersejarah Lamine Yamal di Piala Eropa

Kompas.com - 16/06/2024, 02:53 WIB
Firzie A. Idris

Penulis

KOMPAS.com - Lamine Yamal menorehkan sejarah saat memperkuat Timnas Spanyol kontra Kroasia pada laga Grup B Piala Eropa 2024, Sabtu (15/6/2024).

Penyerang timnas Spanyol itu resmi menjadi pemain termuda yang pernah turun di babak utama Piala Eropa pada usianya yang hanya 16 tahun dan 338 hari.

Tak hanya merumput, Lamine Yamal juga berkontribusi dalam kemenangan 3-0 La Furia Roja lewat sebuah assist cantik bagi gol ketiga negaranya yang dibukukan oleh kepala bek Dani Carvajal.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini, untuk debut saya di Euro dan kami semua sudah memikirkan pertandingan berikutnya," ujar Yamal di situs resmi UEFA.

"Saya selalu siap untuk sang pelatih dan tim, apakah saya bermain melebar, ke dalam, menyerang, sebagai kreator atau bertahan."

Baca juga: Hasil Spanyol Vs Kroasia: Sejarah Lamine Yamal, La Roja Menang 3-0

"Apa pun yang dibutuhkan. Kami adalah tim yang efisien dan bekerja keras dan Anda telah melihat kerja keras selama berbulan-bulan membuahkan hasil hari ini."

Serba-serbi rekor Lamine Yamal dan pemain termuda lain:

1. Bocah ajaib Barcelona ini mengalahkan rekor pemain Polandia, Kacper Koz?owski, yang memulai debut kompetisinya di Euro 2020 pada usia 17 tahun 246 hari.

2. Memberikan umpan silang manis untuk gol Dani Carvajal, Yamal otomatis menjadi pemain termuda yang memberikan assist di sebuah laga babak utama Piala Eropa.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Sports Kompascom (@sports.kompascom)

3. Pemain Spanyol lainnya, Jose Angel Iribar, masih memegang rekor sebagai kiper termuda sepanjang sejarah Piala Eropa. Iribar turun dalam kemenangan 2-1 Spanyol atas Hongaria di Euro 1964 saat dirinya berusia 21 tahun dan 108 hari.

4. Pencetak gol termuda di Piala Eropa adalah Johan Vonlanthen (Swiss) yang membobol gawang Perancis di Euro 2004, ketika ia berusia 18 tahun dan 141 hari pada 21 Juni tahun tersebut.

Baca juga: Spanyol Vs Kroasia, Kabar Terkini Cedera Alvaro Morata dan Rodri

5. Lamine Yamal bisa memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang turun di babak knockout jika membawa Spanyol lolos dari grup. Rekor tersebut tengah berada di tangan Jude Bellingham (Inggris) yang tampil pada laga perempat final Euro 2020 kontra Ukraina pada usia 18 tahun dan empat hari.

6. Renato Sanches (Portugal) menjadi pemain termuda yang tampil di final Piala Eropa. Ia berusia 18 tahun dan 328 hari saat turun bagi negaranya pada laga pamungkas Euro 2016 kontra tuan rumah Perancis.

7. Pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Eropa adalah striker Italia, Pietro Anastasi, yang membukukan gol kontra Yugoslavia di laga final Euro 1968 pada usia 20 tahun dan 64 hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com