Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U23 Indonesia Dibekuk Arab Saudi, STY Tak Puas, Sorot Lini Belakang

Kompas.com - 06/04/2024, 09:19 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, mengatakan bahwa ia tidak puas dengan kekalahan 1-3 dari Arab Saudi dalam laga uji coba jelang Piala Asia U23 2024.

Timnas U23 Indonesia baru saja melakoni pertandingan uji coba jelang Piala Asia U23 di The Sevens Stadium, Dubai, Uni Emirat Arab, Jumat (5/4/2024) malam waktu setempat.

Dalam laga uji coba tersebut, tim Merah Putih hanya mampu menciptakan sebuah gol melalui Komang Teguh pada menit ke-32, setelah sebelumnya Arab berhasil unggul lebih dulu sejak menit ke-18.

Shin Tae-yong mengaku tidak puas dengan hasil akhir berupa kekalahan 1-3 yang dicapai anak asuhnya.

“Pastinya tidak puas, tetapi pertandingan ini mencoba melakukan pergantian pemain. Hampir semua dimainkan pada babak pertama dan kedua untuk mengecek kondisi para pemain,” tutur STY dikutip dari Antara.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Tanpa Hubner dan Dewangga, STY Panggil Bek Persib

Partai uji coba kontra Arab Saudi menjadi salah satu agenda dalam rangkaian pemusatan latihan timnas Indonesia di Dubai, Uni Emirat Arab.

Momen ini dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk mengukur kesiapan timnya dalam menyongsong ajang Piala Asia U23 2024.

“Secara isi pertandingan tidak terlalu jelek,” ujar STY, pelatih yang menangani Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

“Memang hanya cek kondisi para pemain saja, terlebih ada pergantian terhadap semua pemain,” kata pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengungkapkan catatan dalam laga persahabatan melawan Arab Saudi.

Eks peracik taktik Seongnam Ilhwa Chunma itu menyorot lini belakang skuad Garuda.

Seperti diketahui, STY tak bisa membawa Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga ke Piala Asia U23 2024.

Justin Hubner tak dilepas klubnya, Cerezo Osaka. Di lain sisi, Dewangga tak dapat masuk skuad timnas U23 Indonesia karena mesti menjalani operasi kecil. 

“Memang ada masalah di lini belakang karena beberapa pemain yang absen, jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana cara mengantisipasinya,” kata Shin Tae-yong yang telah memanggil bek Persib, Kakang Rudianto, untuk menambah kedalaman di lini pertahanan. 

Baca juga: Jadwal Timnas U23 Indonesia Usai Kalah dari Arab Saudi, Lawan Uni Emirat Arab

Selanjutnya, timnas Indonesia dijadwalkan untuk menjalani pertandingan uji coba kedua melawan Uni Emirat Arab pada Senin, 8 April mendatang

Shin Tae-yong berencana akan menurunkan skuad inti untuk mengaplikasikan strategi dan mengantisipasi permainan calon lawan di Piala Asia U23 2024.

“Untuk uji coba berikutnya melawan Uni Emirat Arab akan dimainkan pemain inti dulu untuk mengantisipasi permainan lawan Qatar tanggal 15 April nanti.”

“Tim inti dipastikan akan bermain lebih banyak. Namun, akan ada kesempatan lagi bagi pemain lain,” ujar STY.

Sebagai informasi, timnas U23 Indonesia arahan Shin Tae-yong bakal tergabung di Grup A Piala Asia U23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, serta Australia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com