Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liverpool Mundur dari Perburuan Alonso, Ada 2 Kandidat Pengganti Klopp

Kompas.com - 29/03/2024, 18:30 WIB
Egi Dinda Janviera,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liverpool keluar dari perburuan Xabi Alonso. The Reds kini mencari pelatih lain untuk menggantikan posisi Juergen Klopp yang pergi setelah akhir musim 2023-2024.

Menurut laporan ESPN, pelatih Sporting CP, Ruben Amorim, dan peracik taktik Brighton & Hove Albion, Roberto De Zerbi, kini menjadi kandidat terdepan untuk menjadi suksesor Klopp di Liverpool. 

Informasi serupa juga disampaikan oleh pengamat transfer sepak bola Eropa, Fabrizio Romano.

"Liverpool tidak akan menunggu lagi untuk Xabi Alonso, Ruben Amorim akan menjadi sebuah opsi yang telah didiskusikan secara internal, bukan satu-satunya," ujar Fabrizio Romano melalui akun media sosial X.

"Bayern akan bersiap menunggu sampai Xabi membuat keputusan resmi, namun dia diperkirakan bertahan di Leverkusen sampai Juni 2025, dengan klausul pelepasan," ucap jurnalis asal Italia itu menambahkan.

Baca juga: Xabi Alonso Tak Pernah Merengek, Tuchel Tak Bawa Bayern Naik Level

Seperti diketahui, Juergen Klopp telah mengumumkan kepada publik pada bulan Januari lalu terkait pengunduran dirinya sebagai manajer Liverpool per akhir musim 2023-2024 ini.

Setelah pengumuman Klopp itu, Liverpool pun mulai dikatikan dengan sejumlah nama pelatih.

Figur Xabi Alonso masuk bursa suksesor Klopp karena kiprah apiknya bersama Leverkusen musim ini.

Alonso kini mengantar Leverkusen tak terkalahkan dalam 38 laga di semua ajang dan dalam trek ideal untuk menjuarai Bundesliga 2023-2024.

Selain karena catatan apik itu, Alonso punya kedekatan personal dengan Liverpool. Sebagai pemain, ia pernah mengantar klub beralias The Reds menjuarai Liga Champions 2005. 

Atas alasan serupa, nama Alonso juga disangkutkan dengan Bayern Muenchen yang telah dipastikan akan ditinggal sang pelatih, Thomas Tuchel, pada akhir musim ini.

Baca juga: Bayern Muenchen Incar Xabi Alonso, Bersaing dengan Liverpool

Alonso pernah membela Bayern sebagai pemain pada rentang 2014-2017. Ia turut mempersembahkan tiga gelar juara Bundesliga.

Kendati demikian, Presiden Kehormatan Bayern, Uli Hoeness, mengatakan pada hari Kamis (28/3/2024) bahwa pada musim panas ini "mungkin mustahil" untuk mendatangkan Alonso.

Seorang sumber dekat Liverpool mengatakan kepada ESPN bahwa The Reds juga memilih mundur saat mengetahui niatan Alonso bertahan di Leverkusen, setidaknya untuk semusim lagi.

Saat ini Alonso masih mempunyai kontrak bersama Leverkusen sampai 2026. Pria asal Spanyol itu juga disebut-sebut akan menjadi target Real Madrid saat kontrak pelatih mereka saat ini, Carlo Ancelotti, berakhir pada 2026.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com