Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Juventus di Persib Tak Sangka Level Sepak Bola Indonesia seperti Ini...

Kompas.com - 15/02/2024, 08:00 WIB
Adil Nursalam,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Stefano Beltrame direkrut Persib Bandung pada November 2023, dengan membawa background sebagai mantan pemain Juventus.

Dengan embel-embel eks Juventus, performa Stefano Beltrame menjadi sorotan, menyimpan ekspektasi tinggi di benak para pendukung Persib, Bobotoh. 

Performanya kian membaik memasuki bulan ketiga memperkuat Persib di Liga 1 2023-2024

Pada laga pekan ke-24 Persib vs Persis Solo, ia menyumbang satu gol meski timnya gagal menang. Beltrame belum mempersembahkan kemenangan untuk Persib sejak ia berlabuh. 

Baca juga: Cetak Gol Pertama di Persib, Eks Juventus ini Merasa Kurang Bahagia

Adaptasi, chemistry, dan penyesuaian gaya bermain dengan sepak bola Indonesia harus dihadapinya. 

Pemain yang pernah memperkuat Timnas Italia U21 ini mengaku tak menyangka level dan gaya sepak bola Indonesia justru ada di atas ekspektasinya.

Beltrame harus menyesuaikan gaya bermain dengan mengandalkan fisik, jelas berbeda dari gaya sepak bola Eropa yang mengandalkan taktik strategi. 

Banyak pemain yang mengandalkan kecepatan dan duel fisik, menuntut dirinya harus cepat berpikir dalam menentukan keputusan di lapangan. 

Baca juga: Stefano Beltrame dalam Sistem Persib, Eks Juventus Disebut Kian Bagus

“Saya sangat menyukainya, saya tidak menyangka levelnya seperti ini, ini level yang bagus,” sebut Beltrame.

“Kami memang banyak berlari, semua tim (di Liga 1) normalnya banyak berlari, dan saat ini saya merasa lebih baik dan siap bekerja lebih keras untuk bersiap menghadapi pertandingan,” ucapnya. 

Stefano Beltrame mantan pemain Juventus resmi dikontrak Persib Bandung di deadline transfer Liga 1 2023-2024, Selasa (28/11/2023).Dokumentasi Instagram Stefano Beltrame Stefano Beltrame mantan pemain Juventus resmi dikontrak Persib Bandung di deadline transfer Liga 1 2023-2024, Selasa (28/11/2023).
Jeda kompetisi Februari ini harus dimanfaatkan Beltrame dan koleganya untuk mengevaluasi kekurangan pada laga terakhir. 

Pemain yang menggunakan nomor punggung 93 ini memikirkan bagaimana dirinya bisa mempersembahkan kemenangan pertama sejak ia diboyong dari klub Portugal CS Maritimo. 

Baca juga: Eks Juventus Ini Awalnya Tidak Tahu Persib, Kini Menantikan Pertarungan Lawan Nainggolan

“Saya memikirkan apa yang kurang baik di laga sebelumnya, apa yang bisa dilakukan dengan lebih baik, dan saya harus siap menghadapi laga berikutnya,” papar pemain kelahiran Biella Italia tersebut. 

Pada awal kedatangannya, Beltrame juga sempat mengutarakan bahwa ia menantikan pertemuannya dengan Radja Nainggolan, pemain besar yang pernah bermain di negaranya, Italia.

Nainggolan adalah pemain yang diboyong Bhayangkara FC. Laga Persib vs Bhayangkara FC akan digelar bulan depan, tepatnya pada 28 Maret 2024. 

“Ya saya tahu, Nainggolan adalah pemain sangat besar, bahkan di Italia. Ya, kami akan bertemu dan saya senang akan hal itu,” ucapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com