Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Gugur di Piala Asia 2023: Selalu Kebobolan, Telan Gol Indonesia

Kompas.com - 04/02/2024, 07:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Jepang tersingkir dari Piala Asia 2023 usai takluk 1-2 dari Iran. Sepanjang turnamen, Samurai Biru selalu kemasukan, termasuk kebobolan gol Indonesia.

Perjalanan Jepang di Piala Asia 2023 Qatar hanya sampai babak perempat final. Samurai Biru mesti mengepak koper usai kalah 1-2 dari Iran di Stadion Education City, Al Rayyan, Sabtu (3/2/2024).

Laga perempat final alias 8 besar Piala Asia 2023 antara Iran vs Jepang berakhir dengan skor 1-2.

Jepang sejatinya memimpin lebih dulu via gol Hidemasa Morita (28'). Namun, Iran membalas via torehan Mohammad Mohebi (55') dan sepakan penalti Alireza Jahanbakhsh (90+6') pada detik-detik terakhir pertandingan.

Pasukan arahan Hajime Moriyasu pun tak bisa menegaskan status mereka sebagai tim tersukses di sepanjang sejarah Piala Asia.

Baca juga: Hasil Piala Asia 2023: Iran Singkirkan Jepang, Qatar Jaga Asa Pertahankan Gelar

Jepang saat ini masih menjadi negara yang paling sering juara di Piala Asia berkat empat kali keberhasilan mengangkat trofi.

Karena itu, Jepang berangkat menuju Piala Asia 2023 Qatar dengan status kandidat kuat juara. Apalagi Samurai Biru merupakan negara Asia yang menduduki posisi paling tinggi dalam ranking FIFA, persisnya tangga ke-17.

Status favorit Jepang bertambah karena materi skuad mereka dijejali oleh pemain yang berkarier di Eropa, seperti Wataru Endo (Liverpool), Takehiro Tomiyasu (Arsenal), dan Kaoru Mitoma (Brighton).

Akan tetapi, perjalanan Jepang di Piala Asia 2023 jauh dari kata mulus. Dalam lima laga yang telah dijalani di Piala Asia 2023, Jepang menuai tiga kemenangan dan dua kekalahan.

Satu kekalahan muncul di fase penyisihan, yakni kala Endo dkk dibekuk Irak 1-2 dalam laga kedua Grup D.

Baca juga: Reaksi Minamino Usai Salah Perkirakan Lemparan Pratama Arhan: Melayang...

Jepang lantas masuk kotak usai takuk 1-2 dari Iran pada partai perempat final Piala Asia 2023. 

"Seperti yang Anda lihat, kami harus meningkatkan banyak aspek. Kami memainkan lima pertandingan dan kami selalu kebobolan."

"Jika kami tak mampu mencatatkan clean sheet, kami tak bisa menang," ujar pelatih Jepang, Hajime Moriyasu, dikutip dari laman resmi Piala Asia 2023.

Ya, Jepang memang tak pernah menutup laga Piala Asia 2023 dengan catatan tanpa kebobolan.

Pada laga perdana di Piala Asia 2023, Jepang kemasukan dua gol Vietnam. Namun, kala itu Samurai Biru yang sempat tertinggal 1-2 berhasil bangkit dan menang 4-2.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com