Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serbet Bersejarah Lionel Messi di Barcelona Dilelang Mulai Rp 6 Miliar

Kompas.com - 01/02/2024, 09:20 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BBC,ESPN

KOMPAS.com - Serbet yang digunakan untuk menandatangani kontrak pertama Lionel Messi di Barcelona akan dilelang pada 18-27 Maret 2024 di rumah lelang internasional Bonhams yang berkantor pusat di Inggris. 

Serbet kontrak Lionel Messi dilelang mulai harga 300.000 poundsterling (sekitar Rp 6 miliar) hingga 500.000 poundsterling (sekitar Rp 10 miliar). 

Memorabilia itu sejak awal disimpan di brankas di bawah pengawasan perwakilan Lionel Messi kala itu, yakni Horacio Gaggioli. 

"Ini adalah serbet kertas, tetapi ini serbet terkenal yang ada pada awal karier Messi," kata Head of Fine Books and Manuscripts Bonhams New York, Ian Ehling, dilansir dari BBC.

Baca juga: Perjuangan Messi Akan Hadir di Film Pendek

"Benda itu mengubah kehidupan Messi, masa depan Barcelona, dan berperan penting dalam memberikan beberapan momen paling gemilang dalam sepak bola kepada miliran fan di seluruh dunia," ucapnya. 

Serbet itu ditandatangani pada 14 Desember 2000 saat makan siang di Reial Societat de Tennis Pompeia di Montjuic, Spanyol, setelah Carles Rexach yang merupakan direktur olahraga Barcelona saat itu menerima telepon dari ayah Messi, Jorge Messi. 

Dilansir dari ESPN, Jorge Messi melalui telepon itu mengancam akan membawa putranya kembali ke Argentina karena meragukan komitmen Barcelona.  

"Mengapa serbet? Karena itu adalah satu-satunya benda yang saya miliki," kata Rexach kepada ESPN pada 2020. 

Baca juga: Al Nassr Vs Inter Miami, Ronaldo Batal Lawan Messi

"Saya melihat satu-satunya cara untuk membuat Jorge rileks adalah dengan menandatangani sesuatu, memberinya bukti, jadi saya meminta serbet dari pelayan," katanya. 

Selain Carles Rexach, serbet tersebut juga ditandatangani oleh Josep Minguella yang merupakan penasihat yang membantu mendatangkan Messi dan agen asal Argentina, yaitu Horacio Gaggioli. 

Ditulis dengan tinta berwarna biru, perjanjian di atas serbet itu berbunyi: 

"Di Barcelona, pada tanggal 14 Desember 2000 dan dihadiri oleh Minguella dan Horacio, Carles Rexach, direktur olahraga FC Barcelona, dengan ini setuju, di bawah tanggung jawabnya dan terlepas dari perbedaan pendapat, untuk mengontrak pemain Lionel Messi, dengan syarat kami tetap pada jumlah yang telah disepakati."

Baca juga: Messi Mania Sambut Musim Baru MLS, Semua Cari Jadwal Inter Miami

"Saya mengatakan kepada Jorge bahwa tanda tangan saya ada di sana dan ada saksi, bahwa dengan nama saya, saya akan bertanggung jawab langsung, tidak ada lagi yang perlu dibicarakan dan bersabarlah selama beberapa hari karena Leo sudah bisa menganggap dirinya sebagai pemain Barca," ucap Rexach. 

Messi bergabung dengan Barcelona sebulan setelah penandatanganan serbet kontrak itu dan setelah bertahun-tahun menjadi pencetak gol terbanyak klub. 

Ia melakukan debutnya di Barcelona pada usia 16 tahun dan mencetak 672 gol dalam 778 pertandingan untuk klub berjuluk Blaugrana itu. 

Pemain beralias La Pulga tersebut memenangi 35 trofi bersama Barcelona, termasuk 10 gelar LaLiga, 4 trofi Liga Champions, dan 3 Piala Dunia Klub. 

Ia kemudian pindah ke Paris Saint-Germain (PSG) pada Agustus 2021 dan kini bermain di klub Major League Soccer (MLS) Inter Miami. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com