Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketum PSSI Erick Thohir Buka Suara soal Bonus Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Kompas.com - 18/01/2024, 20:20 WIB
Eris Eka Jaya

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir buka suara soal apakah skuad timnas Indonesia mendapat bonus jika tampil baik pada ajang Piala Asia 2023.

Erick Thohir mengatakan akan ada bonus bagi skuad Garuda jika bisa menang pada dua laga terakhir di Piala Asia 2023, yakni saat melawan Vietnam dan Jepang.

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu mengatakan, pemain Garuda akan mendapat apresiasi berupa bonus jika mampu mengalahkan Vietnam dan Jepang.

"Ada hasil, kasih bonus. Apalagi Pak Jokowi, kemarin pada SEA Games 2023 memberi bonus. Cuma saya mau, jangan dibalik (belum tampil, tetapi mengejar bonus)," kata Erick dikutip dari Antara seusai menghadiri MoU Groundbreaking PSSI dan Rumah Sakit Abdi Waluyo di Menara Danareksa, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

"Kalau sama Vietnam, sama Jepang menang, bonus gede. Jangan dibalik. Belum tanding, jangan, karena kita harus bangun (menang di Piala Asia)," tuturnya. 

Baca juga: Indonesia Vs Vietnam, Janji Shin Tae-yong: Saya Punya Gaya Sendiri

Erick mengatakan, timnas Indonesia harus bangkit dan menunjukkan jiwa patriotik di dua pertandingan tersisa, usai mengalami kekalahan 1-3 dari Irak pada laga perdana.

"Saya enggak mau juga karena satu target meleset (kalah dari Irak), kita jadi tim yang tidak optimistis," ujarnya.

"Saya melihat banyak sekali tim-tim negara lain yang punya jiwa patriotik. Ini yang saya harapkan juga tim nasional harus bisa tidak kalah patriotiknya," tutur Erick.

Erick berharap timnas mampu tampil maksimal dan tidak terjebak pada pola pikir masing-masing.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia Vs Vietnam di Piala Asia 2023

Mantan Presiden Inter Milan itu meminta agar timnas Indonesia tampil maksimal dan jangan bermain lemas. 

"Jadi, saya berharap tim nasional tampil maksimal. Jangan terjebak pola pikir, 'wah sudah enggak dapat poin, lemesan. Kalau lemesan pulang saja," ujar Erick.

"Saya yakin mereka masih bisa berikan yang terbaik. Saya lihat sendiri tim nasional kita banyak usia muda, rata-rata masih di bawah 24. Saya berharap antara tim senior, junior bisa berdampingan," tuturnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Vietnam pada laga kedua fase Grup D Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (19/1/2024) pukul 21.30 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com