Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Piala Asia 2023: Pelatih Vietnam Sebut Jepang Kuat, Indonesia Tak Mudah

Kompas.com - 05/01/2024, 11:06 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber Bongda

KOMPAS.com - Pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier, mengatakan bahwa Indonesia bukan lawan mudah di Piala Asia 2023. 

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari-10 Ferbuari 2024. Vietnam tergabung di Grup D bersama Jepang, Indonesia, dan Irak.

Philippe Troussier mengakui Jepang dan Irak merupakan lawan kuat. Kedua tim punya peringkat lebih tinggi di ranking FIFA. 

Jepang berada di posisi ke-17, tertinggi di antara negara-negara Asia, dan Irak menempati urutan ke-63. 

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, Irak Lawan Pertama Garuda

Jepang dan Irak juga pernah menjuarai Piala Asia. Jepang adalah tim tersukses di Piala Asia dengan 4 titel juara (1992, 2000, 2004, dan 2011), sedangkan Irak punya satu gelar (2007).

Soal peringkat FIFA, Vietnam unggul atas Indonesia. The Golden Star kini menghuni ranking 94 dan Indonesia di urutan ke-146. 

Meski demikian, bukan berarti Vietnam bisa meremehkan Indonesia. Troussier menilai Garuda tetap lawan yang tidak mudah bagi timnya. 

"Di antara ketiga lawan tersebut, Jepang dan Irak sangat kuat, dan Indonesia juga tidak mudah," ucap pelatih asal Perancis itu, dikutip dari Bongda. 

Baca juga: Piala Asia 2023: Kenangan Manis Philippe Troussier-Jepang, Menanti Debut Shin Tae-yong

Troussier ingin para pemainnya langsung berinisiatif menyerang saat awal pertandingan demi upaya mengamankan kemenangan. 

"Saya ingin para pemain ketika masuk ke lapangan, bermain proaktif, tidak pasif, tidak menunggu lawan melakukan kesalahan atau menunggu momen brilian," ucapnya. 

"Tentu saja elemen-elemen itu adalah bagian dari sepak bola, tapi saya ingin meningkatkan inisiatif tim," ujar Troussier. 

Vietnam mengawali Piala Asia 2023 dengan melawan Jepang pada 14 Januari 2024, lalu disusul pertandingan kontra Indonesia (19 Januari) dan Irak (24 Januari).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com