Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah David da Silva soal Sepak Bola Brasil, Ketat Tumbuh dari Jalanan

Kompas.com - 22/11/2023, 18:00 WIB
Adil Nursalam,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Brasil dikenal sebagai negara yang mempunyai segudang talenta pesepak bola secara turun-temurun. 

David da Silva, penyerang Persib Bandung asal Brasil, menceritakan banyak pesepak bola Negeri Samba yang tumbuh berkembang dari sepak bola jalanan. 

Mereka kerap bersaing untuk mendapatkan kontrak profesional pertamanya bersama sebuah klub. 

Lantas, sudah menjadi budaya, Brasil selalu mentas di Piala Dunia, bahkan di Piala Dunia U17 2023 Indonesia yang kini sudah memastikan tiket perempat final. 

"Ya kompetisinya ketat, kami memiliki pemain yang tumbuh di jalanan. Persaingannya sangat ketat dan bisa saja pemain sudah bermain profesional ketika masih berusia 17 tahun," kata David da Silva. 

Baca juga: Piala Dunia U17 2023: Argentina Meledak, Brasil Sasaran Selanjutnya

Ia menyebutkan nama-nama seperti Endrick Felipe, pemain kelahiran 2006 yang akan mendapatkan kontrak profesional bersama Real Madrid pada Juli 2024.

Vitor Roque, pemain kelahiran 2005, yang akan menuju Barcelona musim depan serta Rodrygo Silva de Goes, pemain kelahiran 2001 yang juga bermain untuk Real Madrid. 

"Kalian kini bisa melihat Endrick (Felipe), Vitor Roque, dan Rodrygo (de Goes) juga saat ini berusia 21-22, tetapi sudah ada di liga profesional dalam level yang tinggi. Jadi, Brasil itu seolah melahirkan pemain dengan bola," papar DDS. 

Talenta muda kekinian sudah mulai tercium potensinya dan mendapat kontrak profesional sejak usia 17 tahun. Namun, jika flashback pada masanya, DDS bisa mulai dikenal sebagai pemain andal pada usia 20 tahun. 

Baca juga: Daftar Tim Lolos Perempat Final Piala Dunia U17: Spanyol Vs Jerman, Brasil Vs Argentina

Tekling Achmad Maulana bek Arema FC kepada David da Silva penyerang Persib dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (8/11/2023). KOMPAS.com/Adil Nursalam Tekling Achmad Maulana bek Arema FC kepada David da Silva penyerang Persib dalam pertandingan pekan ke-19 Liga 1 2023-2024 antara Persib vs Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Rabu (8/11/2023).

Kala itu, DDS mendapatkan kontrak profesional senior pertama bersama Birkirkara FC di Liga Malta, setelah menjalani masa-masa junior di klub Brasil Taboa Serra dan Sumare AC.

"Namun, ada juga pemain yang baru dikenal setelah usia 20-an, seperti saya, tidak ada yang mengenal saya sebelum berusia 20," cerita DDS. 

"Karena banyak dari pemain mulai memasuki profesional sebelum usia tersebut, tetapi tidak sedikit juga yang tidak melanjutkan karier profesionalnya. Saya tidak tahu bagaimana di negara lain, tetapi di Brasil itu persaingannya begitu ketat," katanya. 

Baca juga: Hasil Argentina Vs Venezuela 5-0: Tango Pesta, Lawan Brasil di Perempat Final

Pemain yang telah mencetak 78 gol dari 107 laga di Kompetisi Liga Indonesia, bersama Persib dan Persebaya ini, berpesan untuk juniornya yang akan menghadapi laga perempat final melawan Argentina di Piala Dunia U17 2023 Indonesia. 

Vitor Reis dkk harus fokus kepada kariernya jika ingin terus melanjutkan masa depan sebagai pesepak bola top dunia. 

"Mereka masih muda dan tentunya harus tetap fokus pada kariernya. Namun, di Brasil kami punya banyak pemain berkualitas, jadi tidak semua dari pemain-pemain ini akan terus melanjutkan ke level profesional," tuturnya. 

"Mungkin hanya dua sampai tiga pemain yang terus melaju hingga level top dan juga bisa saja separuh dari tim ini tidak terus bermain ketika sudah memasuki usia 20-an," prediksi DDS. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com