Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2023, 11:00 WIB
Ferril Dennys

Penulis


KOMPAS.com - Pelatih dan pemain yang berlaga di Piala Dunia U17 2023 terkesan dengan keramahan masyarakat Indonesia.

Pelatih timnas Brasil U-17, Phelipe Leal, mengaku merasa terkesan dengan sambutan hangat tersebut. Bahkan dirinya sampai merasa perlu belajar Bahasa Indonesia.

Leal merasa senang dan nyaman selama berada di Indonesia.

Sambutan masyarakat Indonesia yang hangat selama pemain asuhannya bertarung di Piala Dunia U-17 2023 membuat dia dan pemain terkesan.

Bahkan, saat tim berada di Solo untuk melakoni pertandingan di babak 16 besar. Sambutan fans sepak bola lokal yang membuat mereka berkesan sehingga Leal tak segan mengucapkan terima kasih.

"Sekali lagi, dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Di mana pun kami berada, mereka selalu menerima kami dengan baik dan sopan," kata Leal.

Baca juga: Fakta Kerusuhan di Stadion Gelora Joko Samudro Usai Laga Gresik United vs Deltras FC

"Ini membuat kami lebih nyaman. Ini membuat para pemain lebih percaya diri, bisa berkonsentrasi, dan menjaga fokus untuk melaju ke babak empat besar," ujarnya lagi.

Tak hanya itu, Leal ternyata juga sudah mempelajari Bahasa Indonesia selama Piala Dunia U-17 2023. Menurutnya, ini bisa membantu Brasil memahami kultur masyarakat setempat.

"Sedikit demi sedikit, tim pelatih kami ingin lebih dekat dengan kultur masyarakat Indonesia. Itu salah satunya mempelajari hal kecil-kecil seperti ucapan sehari-hari," katanya.

Lebih lanjut, Leal, mengatakan, "Hal ini supaya para pemain bisa mengerti kultur Indonesia. Karena masyarakatnya sangat menerima kami. Ini juga penting agar pemain lebih nyaman dan tenang, sehingga mendapat dukungan masyarakat Indonesia."

Soal adaptasi makanan, Kaua Elias dan kawan-kawan tampaknya tak akan dapat masalah.

Mereka sudah membawa juru masaknya sendiri agar tak mengalami masalah di Piala Dunia U-17 2023.

"CBF sebagai Federasi Sepak Bola Brasil selalu mendukung penuh perjuangan pemain di luar negeri. Apalagi ini adalah kejuaraan Piala Dunia U-17 2023. Presiden CBF dan Chief of Delegation kami selalu membantu untuk membuat pemain nyaman. Karena ini penting sekali mengingat ada perbedaan makanan di Indonesia dengan di Brasil. Oleh karena itu kami membawa chef sendiri supaya anak-anak semakin nyaman dengan makanannya," ucap Leal.

Pesepak bola Timnas U17 Brasil Da Mata melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Inggris dalam penyisihan Grup C Piala Dunia U17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (17/11/2023).ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Pesepak bola Timnas U17 Brasil Da Mata melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Timnas Inggris dalam penyisihan Grup C Piala Dunia U17 2023 di Jakarta International Stadium, Jakarta, Jumat (17/11/2023).

Sambutan dari penggemar sepak bola nasional tentu tidak terlepas dengan kehadiran pemain dan pelatih Brasil yang bermain di Indonesia. Hal itu membuat masyarakat lokal bisa akrab dengan timnas Brasil.

Kebetulan lagi di tim Brasil ada Fabio Oliviera, asisten pelatih Leal yang pernah bermain di Indonesia. Bahkan dirinya sempat menjadi asisten pelatih timnas.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com