Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potret Relawan di Piala Dunia U17, Turut Jaga Nama Baik Indonesia

Kompas.com - 15/11/2023, 21:30 WIB
Leonardo Juan Ruiz Febrian,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehadiran para relawan atau volunteer dalam Piala Dunia U17 2023 yang berlangsung dari 10 November-2 Desember 2023 di Indonesia memiliki peran penting dalam membantu kesuksesan event ini.

Setidaknya dalam turnamen ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) merekrut 1.000 relawan.

Orang-orang yang sudah direkrut memiliki peran di bagian-bagian penting operasional turnamen. Selain itu, relawan turut memberikan dukungan di 18 area fungsional di lokasi kompetisi dan non-kompetisi.

Para relawan membantu tim dan ofisial negara peserta, penonton, staf FIFA dan komite panitia lokal di berbagai bidang, termasuk transportasi, akreditasi, media, layanan tamu, dan layanan penonton.

Baca juga: Indonesia Vs Maroko, Buat Lawan Tak Berkutik, Kurangi Salah, Garuda!

Eva Indah Sari (23) salah satu relawan mengaku bangga bisa menjadi relawan dalam Piala Dunia U17 2023. Dia bertugas di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

"Saat Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 saya sudah sempat mendaftar jadi relawan atas keinginan sendiri, tetapi kemudian Piala Dunia U20 batal terlaksana di Indonesia," kata Eva saat ditemui di Terminal Intermoda Joyoboyo, Surabaya, Rabu (15/11/2023).

"Kebetulan saya sangat suka sepak bola, apalagi ajang Piala Dunia ini, khususnya Piala Dunia U17 adalah pertama kalinya di Indonesia. Jadi, saya mau menyumbangkan apa yang saya bisa," kata Eva.

Di Surabaya terdapat sejumlah 250 relawan. Secara keseluruhan, ada 1.000 relawan yang terbagi di empat kota pertandingan turnamen ini, yaitu Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Solo.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Maroko, Penentuan Garuda ke 16 Besar Piala Dunia U17 2023

Eva yang bertugas di Surabaya, mendapat tugas mengarahkan penonton sesuai dengan gate yang tertera di tiket.

"Teman-teman relawan beda-beda tugasnya, kebetulan saya tugasnya mengarahkan penonton sesuai dengan gate yang di tiket. Teman-teman yang lain ada yang tugasnya menjemput atau mendampingi tamu, ada juga di bagian transportasi," kata Eva.

"Saya bersyukur, juga bangga sekali, apalagi acaranya di Surabaya. Warga Surabaya pasti juga bangga, jadi kita sama-samalah menyambut Piala Dunia U17 ini agar sukses, terlebih Indonesia pun bisa meraih prestasi," kata Eva.

Tidak berbeda dengan Eva, Nisa yang menjadi relawan di Solo mengaku keterlibatannya merupakan mewakili Indonesia. 

"Senang dan bangga. Semoga timnas pun bisa berprestasi. Saya pun berharap dunia terus percaya Indonesia adalah tuan rumah yang baik untuk penyelenggaraan event. Maka itu, kami pun punya tanggung jawab menjaga nama Indonesia," katanya. 

Program relawan PSSI bertujuan memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia terlibat mendukung pelayanan saat gelaran Piala Dunia U-17 2023. Diharapkan mereka turut menjaga nama baik Indonesia selaku tuan rumah. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com