Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Timnas U23 Indonesia Vs Turkmenistan: STY Ogah Meremehkan, Awas No 11

Kompas.com - 12/09/2023, 08:30 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi


SOLO, KOMPAS.com - Pemain timnas U23 Indonesia melakukan sesi latihan terakhir menjelang pertandingan krusial melawan Turkmenistan pada Kualifikasi Piala Asia U23 2024.

Latihan timnas U23 Indonesia digelar di Stadion Sriwedari, Kota Solo. Sesi terakhir itu diikuti semua pemain Garuda Muda dan dipimpin pelatih Shin Tae-yong, pada Senin (11/9/2023).

"Seperti biasa, memang satu hari sebelum pertandingan latihan sama semua," kata Shin Tae-yong setelah sesi latihan.

Timnas U23 Indonesia bersiap untuk melawan Turkmenistan pada Selasa (12/9/2023), di Stadion Manahan, Solo, pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Jadwal Timnas U23 Indonesia Vs Turkmenistan, Penentuan Tiket ke Piala Asia

Turkmenistan menuju duel kontra timnas U23 Indonesia dengan bekal kemenangan atas China Taipei atau Taiwan, dengan skor 4-0, Rabu (6/9/2023). Partai itu ditonton langsung oleh Shin Tae-yong (STY).

"Memang melihat pertandingan pertama, Turkmenistan melawan China Taipei terlihat tidak begitu kuat, tetapi tahun kemarin (di Piala Asia U23 2022), hasilnya baik," ujarnya menyorot kiprah Turkmenistan di Piala Asia U23 2022.

Turkmenistan bisa berbicara banyak di Piala Asia U23 2022 silam. Mereka lolos ke fase gugur usai sempat membekuk salah satu raksasa Asia, Iran, pada penyisihan grup.

"(Turkmenistan) Lawan Iran juga menang, kemudian 8 besar kalah, lawan Australia 0-1, tetapi pelatih kepala sama. Ya, tidak boleh lengah dan harus persiapan lebih matang lagi. Jadi, kita tidak bisa meremehkan juga," ujarnya.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Vs Turkmenistan, Ancaman dari Si Nomor 11

Selain itu, Shin Tae-yong juga mewaspadai pemain Turkmenistan bernomor punggung 11 berusia 22 tahun, Shamammet Hydyrow, yang mencetak tiga gol saat melawan Taiwan.

"Memang pemain nomor 11 harus diwaspadai, dia hattrick juga kemarin. dia bagus gerakan cari ruang. Jadi kita antisipasi juga, pemain juga pasti baik untuk performa besok," katanya.

Berbekal persiapan dan analisis sang pelatih asal Korea Selatan, Rizky Ridho dkk yakin menang atas Turkmenistan.

"Kami sudah analisis, lawan seperti apa Turkmenistan. Ini kita latihan bagaimana kita menghancurkan lawan," katanya.

Pertemuan antara timnas U23 Indonesia melawan Turkmenistan mempertaruhkan tiket kelolosan ke putaran final Piala Asia U23 di Qatar pada 2024.

Indonesia minimal butuh hasil seri untuk menyegel status sebagai juara Grup K dan lolos ke Piala Asia U23 2024.

Kemenangan telak 9-0 atas Taiwan pada Sabtu (9/9/2023), di Stadion Manahan, sementara ini menempatkan Indonesia di posisi pertama Grup K Kualifikasi Piala Asia U23.

"Tidak ada target selain kemenangan, wajib harus menang dan kita akan lolos ke Piala Asia U23 bulan April, tahun depan," tutur Shin Tae-yong menutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com