Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelatih asal Belanda Bangga Kirim Pemain ke Timnas Indonesia

Kompas.com - 20/08/2023, 10:00 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, berbagi pandangannya soal polemik pemanggilan pemain ke timnas Indonesia U23.

Seperti diketahui PSSI sempat terlibat friksi dengan pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, dan peramu taktik PSM Makassar, Bernardo Tavares.

Doll dan Tavares sama-sama enggan melepas pemain ke timnas Indonesia U23 untuk Piala AFF U23 2023.

Persija enggan melepas bek andalan yang juga kapten timnas Indonesia U23, Rizky Ridho. PSM juga menahan sang gelandang muda, Dzaky Asraf.

Padahal, tenaga Rizky Ridho dan Dzaky Asraf dibutuhkan pelatih timnas U23 Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengarungi Piala AFF U23 2023.

Baca juga: Piala AFF U23 2023: Shin Tae-yong Kritik Taktik Ulur Waktu Pemain Malaysia

Doll dan Tavares kompak menyebut event Piala AFF U23 tak masuk dalam kalender FIFA. Mereka menahan pemain andalan karena kompetisi Liga 1 2023-2024 tengah bergulir.

Pelatih Borneo FC, Pieter Huistra, berbagi pandangan soal polemik pemanggilan pemain ke timnas U23 Indonesia.

Pelatih asing asal Belanda itu justru merasa senang apabila pemainnya dipanggil memperkuat timnas.

“Kami selalu bangga jika pemain dipanggil ke timnas. Terutama timnas senior,” ujarnya.

Pieter Huistra mencoba melihat permasalahan yang ada dari kacamata netral. Ia menyebut diperlukan komunikasi yang baik antara klub dan juga federasi dalam pemanggilan pemain ke timnas.

Baca juga: Klasemen Piala AFF U23 2023 Usai Indonesia Kalah dari Malaysia

Ia menilai perlu adanya sinergi perihal jadwal kompetisi dengan event internasional yang diikuti timnas Indonesia.

Sehingga, tidak terjadi tumpang tindih antara kebutuhan klub dan timnas yang dapat menimbulkan polemik seperti saat ini.

“Ada perbedaan besar di beberapa tim nasional. Kami berada di liga profesional, di Liga 1, yang saya pikir liga paling penting di Indonesia,” tutur pria yang pernah menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI itu.

“Tentu saja semua klub, liga, dan juga federasi harus bekerja sama dan memastikan bahwa tidak ada liga (saat ada ajang internasional).”

“Jika liga mendukungnya, maka orang-orang akan mendukungnya juga. Ini juga akan bagus bagi timnas juga. Kami bangga jika pemain kami terpilih untuk bisa bermain di timnas,” ujarnya menutup.

Saat ini, ada dua pemain Borneo FC yang tergabung ke dalam skuad timnas U23 Indonesia di Piala AFF U23 2023. Kedua pemain itu yakni Daffa Fasya dan Komang Teguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com