Bayern Vs RB Leipzig: Tantangan Baru Kim Min-jae, Si Monster Pemalu

Kompas.com - 10/08/2023, 15:30 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Kim Min-jae “Si Monster” dari Korea menatap partai DFL Supercup 2023 alias Piala Super Jerman antara Bayern vs RB Leipzig.

Laga Bayern Muenchen vs RB Leipzig akan digelar di Allianz Arena, Minggu (13/8/2023) dini hari pukul 01.45 WIB.

Bek anyar Bayern Muenchen asal Korea Selatan, Kim Min-jae, berpotensi mencatat debut dalam ajang resmi sepak bola Jerman.

Sebelumnya, Kim Min-Jae telah menempa diri dalam serangkaian uji coba pramusim bersama Bayern. Ia mentas saat klub asal Bavaria itu menggilas Kawasaki Frontale (1-0), Liverpool (4-3), dan AS Monaco (4-2).

“Saya mencoba beradaptasi dengan tim dan keadaannya, begitulah cara saya bisa melangkah sejauh ini,” kata Kim Min-jae dalam sebuah transkrip sesi interviu yang dikirimkan Bundesliga kepada KOMPAS.com.

Baca juga: Hasil Liverpool Vs Bayern: Kapten Baru Cetak Gol, The Reds Tutup Tur Asia dengan Kekalahan

Sebelum berlabuh ke Bayern, Kim Min-jae yang punya julukan “Monster” sempat berpetualang ke China (Beijing Guoan, Turkiye (Fenerbahce), dan Italia (Napoli)

Kim Min-jae mulai angkat nama dan menyita perhatian dunia saat memperkuat Napoli. Tim asal Italia Selatan itu dibawa Kim Min-jae menjuarai Liga Italia 2022-2023.

“Dengan adanya tantangan baru ini ini, saya mulai dari nol lagi dan saya pikir perkembangan (karier) ini akan menjadi sangat penting mulai dari sekarang. Hal-hal berjalan bagus di masa lalu, tapi masa kini lebih penting,” tutur Kim Min-jae.

Kim Min-jae menjadi pemain Korea Selatan kedua yang pernah membela Bayern Muenchen. Ia meneruskan tapak Jeong Woo-yeong.

Ia lantas menjelaskan soal asal muasal dirinya menjadi bek dan julukan “Monster”.

“Ketika saya berada di sekolah menengah, setelah tingkat dasar, kami sering bermain pertandingan mini sesaat setelah kelulusan.”

Baca juga: Hasil Kawasaki Frontale Vs Bayern 0-1: Gol One Two Penentu Kemenangan Die Roten

“Saya lebih suka merebut bola daripada melakukan dribel, saya pun memberi tahu pelatih. Saya bermain sebagai pemain belakang sejak sekolah menengah,” kata Kim Min-jae, pria yang mengaku adalah pribadi pemalu.

Tak banyak yang menyangka sosok pemalu itu bisa berubah menjadi “Monster” bagi para penyerang musuh.

“Itu dimulai di Korea. Saya pasti telah membuat kesan yang mendalam sebelum menjadi terkenal. Jadi, sejak saat itu saya dipanggil monster,” kata Kim Min-jae yang kata eks pelatihnya di Napoli, Luciano Spalletti, bisa berpindah dari area pertahanan ke kotak penalti lawan hanya dalam 5 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com