Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Vs Argentina, Shin Tae-yong: Bukan Laga Hiburan

Kompas.com - 19/06/2023, 11:00 WIB
Farahdilla Puspa,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak ingin pertandingan melawan Argentina sekadar menjadi laga hiburan. 

Duel timnas Indonesia vs Argentina dalam rangkaian FIFA Matchday bakal berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023) pukul 19.30 WIB. 

"Kami pastinya fokus ke pertandingan, bukan hiburan. Apalagi, ini Argentina yang tidak hanya mengandalkan Lionel Messi," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers. 

Argentina tidak akan diperkuat pemain senior seperti Lionel Messi, Angel Di Maria, dan Nicolas Otamendi. 

Baca juga: Indonesia Vs Argentina: Sandy Walsh Garuda Termahal, Tango Punya Enzo

Pelatih Argentina, Lionel Scaloni, mengatakan bahwa ketiganya perlu waktu istirahat. 

"Messi, Di Maria, dan lainnya perlu istirahat. Mereka perlu berlatih untuk laga-laga lainnya, siapa pun pemainnya enjoy saja laga nanti," kata Scaloni. 

Shin Tae-yong juga menegaskan bahwa Argentina bukan hanya Messi. La Albiceleste dihuni pemain-pemain hebat lainnya yang juga berkontribusi mengantarkan Argentina juara dunia. 

"Yang namanya tim nomor satu dunia pasti semua pemainnya bagus. Sepak bola seperti itu. Satu pemain saja tidak akan bisa membuat tim menjadi juara dunia," kata Shin Tae-yong.

Baca juga: Indonesia Vs Argentina: Kesempatan Unik, Ukur Diri Lawan yang Terbaik

Shin Tae-yong juga menegaskan bahwa anak didiknya tidak boleh menganggap laga melawan Argentina hanya sekadar laga hiburan. 

Pelatih asal Korea Selatan itu ingin timnas Indonesia bertanding maksimal melawan Agrentina yang menjadi juara Piala Dunia 2022. 

"Sebenarnya menganggap pertandingan hiburan itu pemikiran yang salah, kita harus memikirkan kenapa Argentina bisa juara dunia," kata Shin Tae-yong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com