Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persija Vs Persik, Dua Macan Bertolak Belakang

Kompas.com - 10/12/2022, 09:01 WIB
Suci Rahayu,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persija Jakarta punya peluang bagus untuk melanjutkan tren positifnya di Liga 1 2022-2023.

Lawan yang akan dihadapi Persija pada pekan ke-13 Liga 1 adalah Persik Kediri. Partai Persija vs Persik akan berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12/2022) malam.

Persija datang ke pertandingan kontra Persik dengan modal yang cukup baik setelah menang 1-0 atas Borneo FC pada pekan sebelumnya.

Kemenangan tersebut membuktikan Persija tidak terlalu terpengaruh dengan kondisi terhentinya kompetisi selama dua bulan karena tragedi Kanjuruhan.

“Saya bangga karena dengan persiapan yang serba mepet, semua staf mempersiapkan tim ini untuk siap bertanding di kompetisi,” ujar pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Baca juga: Respons Pelatih Persija soal Insiden Michael Krmencik dan Diego Michiels

Tidak hanya itu, Firza Andika dkk sukses memperpanjang rekor tidak pernah kalah dalam sepuluh laga terakhir.

Persija baru sekali kalah musim ini. Satu-satunya kekalahan yang pernah dirasakan Persija terjadi pada laga pembuka melawan Bali United (0-1).

Sejak kalah dari Bali United, Persija tampil luar biasa solid untuk urusan bertahan. Macan Kemayoran setelahnya hanya kemasukan empat kali dan sukses mencatatkan enam kali nirbobol.

Guna memperpanjang rekor apik tersebut Persija bertekad menampilkan kekuatan terbaik.

“Tidak akan ada banyak rotasi pemain. Kalaupun ada rotasi, paling hanya sau atau dua,” ujar Thomas Doll, sang pelatih asal Jerman.

“Saya tidak ingin ganti karena mereka sudah berlatih bersama-sama dan memainkan laga persahabatan bersama-sama selama kompetisi berhenti,” katanya lagi.

Baca juga: Kronologi Diego Michiels Pukul Michael Krmencik pada Laga Persija Vs Borneo FC

Catatan menawan Persija itu berbanding terbalik dengan situasi yang dialami Persik. Tim berjuluk Macan Putih itu menderita sejak awal kompetisi hingga kini.

Persik menjadi satu-satunya tim Liga 1 2022-2023 yang belum meraih kemenangan. Hasil terbaik yang mereka raih adalah empat kali imbang, disertai dengan 8 kekalahan.

Selain sudah kebobolan 21 kali, Persik juga kesulitan mencetak gol. Selama 12 laga, Macan Putih baru mencetak enam gol.

Persik juga tak dibekali rekor apik kala bersua Persija. Macan Putih baru menang sekali dari empat petemuan terakhir melawan Persija dan itu terjadi pada tahun 2014 silam.

Gelandang Persija Jakarta, Resky Fandi, pun percaya diri menyongsong laga versus Persik. Ia yakin Persija dapat meraih tiga poin.

“Semoga kami dapat tiga poin dan mempertahankan performa tim selama ini,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com