Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kali Libas Curacao, STY Ungkap 2 Hal untuk Kemajuan Sepak Bola Indonesia

Kompas.com - 27/09/2022, 23:31 WIB
Ferril Dennys,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyarankan agar tim sering melakoni pertandingan persahabatan melawan negara yang rankingnya lebih tinggi di peringkat FIFA.

Hal tersebut disampaikan STY seusai timnas Indonesia menang 2-1 atas Curacao dalam laga persahabatan kedua di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (27/9/2022).

Dengan hasil ini, Timnas mencatat rekor sempurna melawan Curacao. Sebelumnya pada laga perdana, Indonesia menang 3-2 atas Curacao yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, akhir pekan lalu.

Baca juga: Hasil Indonesia Vs Curacao 2-1: Witan Menari, Garuda Menang berkat Gol Dendy

Dua kemenangan ini cukup membanggakan. Pasalnya, Timnas bisa mengalahkan Curacao yang secara peringkat lebih tinggi di posisi ke-84. Sementara Indonesia di posisi ke-155.

 

STY berharap Indonesia bisa konsisten melakoni laga persahabatan FIFA.

"Untuk tahun ini FIFA matchday sudah selesai semua. Pastinya tahun depan dijadwalkan pertandingan. Memang harus lawan yang ranking FIFA lebih tinggi agar sepak bola Indonesia bisa semakin maju ke depan," tutur STY.

Baca juga: Prediksi Ranking FIFA Indonesia Usai Menang atas Curacao 2 Kali: Raih 14,82 Poin, Naik ke-151

Di balik dua kemenangan tersebut, STY masih memiliki pekerjaan rumah. Skuad Garuda selalu kebobolan dalam 2 laga melawan Curacao. Total, timnas Indonesia kebobolan 3 gol.

STY melihat hal tersebut jadi sebuah motivasi untuk memperbaiki tim.

"Kalau kita hanya bicara kemasukan gol saja. Pasti tidak akan bisa maju. Kalau misal kami selalu tegur dan pemasalahkan kebobolan. Pasti kita susah maju," tutur STY.

"Sambil kemasukan gol, kami harus perbaiki dan berkembang. Tidak boleh kita bilang kemasukan gol tidak baik. Bisa jadi untuk motivasi memajukan tim," kata dia menjelaskan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com