Kompas.com - 29/06/2022, 09:26 WIB

KOMPAS.com - Pemerintah menyetujui usulan PSSI yang mengajukan diri jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Langkah ini diambil setelah China memutuskan melepas haknya jadi penyelenggara turnamen tersebut.

“Ada permohonan PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pemerintah sudah menyetujui dan mempersilakan PSSI (untuk mengajukan diri kepada AFC),” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (28/6/2022).

“Hari ini atau besok, PSSI yang diwakili Wakil Ketua Umum serta Sekjen akan menemui AFC.”

Baca juga: Resmi, Indonesia Ajukan Diri sebagai Tuan Rumah Piala Asia 2023

Ada alasan mengapa pemerintah menyetujui usulan PSSI tersebut. Zainudin mengatakan, jadwal penyelenggaraan Piala Asia 2023 berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada Juni-Juli. Event ini berlangsung setelah Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada Mei-Juni.

“Jadi kami masih dalam keadaan siap. Infrastruktur masih ada, sumber daya manusia (SDM) juga masih ada sehingga tidak terlalu sulit bagi kami untuk melaksanakan Piala Asia 2023,” ucapnya.

Indonesia saat ini sudah menyiapkan enam stadion utama untuk Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin menuturkan, pemerintah siap memfasilitasi apabila ada usulan penambahan arena pertandingan di luar enam stadion yang sudah ada.

Baca juga: Timnas Indonesia Lolos Piala Asia 2023, Saddil Ramdani Beberkan Tantangan Berat Garuda

Terkait anggaran, dia mengatakan masih perlu berkomunikasi lebih lanjut dengan PSSI.

Zainudin memastikan, anggaran tersebut tidak akan terlalu membebani APBN karena sejumlah fasilitas yang akan digunakan merupakan bekas Piala Dunia U-20 2023.

Indonesia bakal bersaing dengan beberapa negara dalam usahanya menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Sebab, Korea Selatan sudah memastikan akan mengajukan diri. Jepang pun sudah didekati secara informal untuk mengajukan penawaran.

Australia juga berminat menjadi penyelenggara. Negeri Kanguru itu ingin kembali menggelar Piala Asia sejak terakhir kali menjadi tuan rumah pada 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.