Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2022, 05:15 WIB
Ahmad Zilky,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bek timnas U23 Indonesia, Firza Andika, menampilkan sikap berkelas seusai dirinya melayangkan permohonan maaf kepada pemain Thailand yang telah dilanggarnya.

Firza Andika harus diganjar kartu merah dan dikeluarkan oleh wasit setelah dirinya melakukan pelanggaran saat bertanding melawan Thailand dalam semifinal SEA Games 2021.

Laga timnas U23 Indonesia vs Thailand dalam rangkaian semifinal SEA Games 2021 digulirkan di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, pada Kamis (19/5/2022) sore WIB.

Baca juga: Timnas U23 Indonesia Krisis Pemain, Shin Tae-yong Pusing

Pertandingan tersebut berjalan dengan tensi tinggi. Apalagi, saat timnas U23 Indonesia tertinggal 0-1 dari Thailand selepas Weerathep Pomphan mencetak gol pada menit ke-95.

Adapun gol tersebut sekaligus memastikan Thailand menang 1-0 atas Indonesia, sehingga tim Gajah Perang berhak melaju ke final SEA Games 2021.

Saat timnas U23 Indonesia dalam kondisi tertinggal pada babak extra time, Thailand mendapatkan kesempatan untuk melakukan serangan balik melalui Patrik Gustavsson.

Namun, Firza Andika melakukan terjangan cukup keras kepada Patrik Gustavsson demi mencegah sang penyerang lawan menorehkan peluang ke area berbahaya Indonesia.

Oleh karena itu, wasit yang mengawal jalannya pertandingan memberikan kartu merah kepada Firza Andika.

Baca juga: Pengakuan Evan Dimas Saat Nonton Timnas U23 Indonesia: Gatal Ingin Main!

Selepas pertandingan, Firza Andika menampilkan sikap berkelas. Dia secara pribadi mengirimkan langsung permohonan maaf kepada Patrik Gustavsson melalui fitur pesan di Instagram.

Aksi Firza Andika itu bak menegaskan pesan bahwa rivalitas sepak bola hanya terjadi dalam satu pertandingan saja.

Bro, maafkan yang terjadi di lapangan kemarin. Jujur, saya tidak memiliki niat untuk meyakiti Anda,” tulis Firza Andika kepada Patrik Gustavsson.

Baca juga: Evan Dimas Ungkap Sisi Lain di Balik Kekalahan Timnas Indonesia dari Thailand

“Saya hanya mencoba untuk membuang bola, dan saya tidak memiliki kemarahan kepada Anda dan pemain Thailand lainnya. Saya harap Anda bisa memafkan saya.”

Pesan tersebut lantas dibalas oleh Patrik Gustavsson. Dia menuturkan bahwa insiden pelanggaran itu merupakan hal yang biasa terjadi dalam sepak bola.

“Tidak masalah, saya tidak marah atau apa pun. Itu bagian dari sepak bola, semoga beruntung di pertandingan berikutnya,” kata Patrik Gustavsson membalas pesan Firza Andika.

Baca juga: Semifinal SEA Games 2021: Keunggulan Timnas U23 Indonesia di Mata Pelatih Thailand

Terlepas dari itu, timnas U23 Indonesia saat ini tengah mempersiapkan diri untuk melakoni pertandingan melawan Malaysia dalam perebutan medali perunggu SEA Games 2021.

Pertandingan Indonesia vs Malaysia dalam jadwal SEA Games 2021 bakal berlangsung di Stadion My Dinh pada Minggu (22/5/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com