Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Italia Gantikan Iran di Piala Dunia 2022 Cuma Mimpi Siang Bolong

Kompas.com - 01/04/2022, 11:00 WIB
Sem Bagaskara

Penulis

KOMPAS.com - Italia diberitakan bisa lolos ke Piala Dunia 2022 andai Iran disanksi oleh FIFA. Namun, kemungkinan itu dipatahkan oleh anggota eksekutif FIFA.

Belakangan beredar kabar yang menyebut bahwa Italia bisa lolos ke Piala Dunia 2022 sebagai pengganti Iran.

Gagasan ini langsung dipatahkan anggota eksekutif FIFA asal Italia, Evelina Christillin.

“Kami menggelar rapat eksekutif FIFA pada Rabu di Qatar dan hari ini (Kamis) mengadakan kongres dengan semua delegasi, termasuk Iran,” kata Christillin kepada Radio Uno, seperti disarikan oleh Football Italia.

Membayangkan Italia tampil di Piala Dunia 2022 seperti mimpi di siang bolong. Christillin menyebutnya utopia.

Baca juga: Iran Terancam Dihukum FIFA, Italia Ada Kans Tampil di Piala Dunia 2022?

“Kami tak pernah membahas mengeluarkan mereka (Iran) dari Piala Dunia Jika pun begitu, tim Asia lain yang akan menggantikan tempat mereka.”

“Mari keluarkan ide ini dari kepala, bahwa Italia bisa ke Piala Dunia. Itu tidak mungkin dan gagasan bahwa tim akan bisa disertakan lagi adalah utopia,” ujar Christillin.

Sebelumnya ada dugaan bahwa Iran akan menerima sanksi dari FIFA karena kedapatan melarang 2.000 penonton wanita yang sudah membeli tiket untuk menonton laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 versus Lebanon.

Kepatuhan Iran dipertanyakan lantaran mereka sebelumnya sudah mendapatkan peringatan dari FIFA terkait masalah ini.

Baca juga: Mereka Rindukan Saya Hanya Saat Timnas Italia Kalah...

Sport Mediaset lantas berpendapat Italia bisa muncul sebagai opsi terdepan pengganti andai Iran benar-benar kena sanksi.

Dasar dari asumsi itu adalah Italia merupakan tim yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022 dengan peringkat FIFA tertinggi. Dalam ranking FIFA terbaru, anak asuh Roberto Mancini menduduki posisi enam.

Sebagai informasi, Italia gagal lolos ke Qatar 2022 usai takluk 0-1 dari Makedonia Utara pada fase semifinal play-off Piala Dunia Path C Zona Eropa.

Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2022 seperti bencana buat Italia. Sebab, untuk kali pertama dalam sejarah Italia gagal lolos ke Piala Dunia dalam dua edisi beruntun.

Patut dicatat, tim beralias Gli Azzurri (Si Biru) tersebut juga gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Langkah Italia asuhan Gian Piero Ventura saat itu dihentikan oleh Swedia di babak play-off.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com