Kompas.com - 31/12/2021, 08:20 WIB
Wu Lei dan Zhang Linpeng saat merayakan gol timnas China ke gawang Filipina pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 7 Juni 2021. AFP/KARIM SAHIBWu Lei dan Zhang Linpeng saat merayakan gol timnas China ke gawang Filipina pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 7 Juni 2021.

KOMPAS.com - Otoritas sepak bola China mengeluarkan aturan baru untuk para pemain tim nasional (timnas). Semua pemain yang membela China harus bebas dari tato.

Badan administrasi olahraga China mengatakan bahwa perekrutan pemain baru yang memiliki tato di level nasional dan tim junior merupakan hal yang "sangat dilarang".

Pemerintah memiliki alasan yang sangat mendasar soal aturan baru tersebut. Mereka menegaskan bahwa langkah ini akan membantu memberikan "contoh yang baik bagi masyarakat".

Baca juga: McGregor Bertarung dengan Tato Bekam, Apa Manfaatnya?

Beberapa pemain bintang timnas China termasuk Zhang Linpeng, sudah diberitahu soal ini. Mereka diminta untuk menutupi tato di tubuhnya.

Memang, China semakin mengetatkan aturan soal tato sejak 2018. Mereka meminta semua hal mengenai tato dihentikan atau tak ditampilkan di layar.

Alhasil, beberapa pesepak bola profesional sudah menutupi tato di badan dengan kostum berlengan panjang.

Dalam sebuah pernyataan, General Administration of Sport (GAS) atau Administrasi Umum Olahraga negeri tersebut mengatakan bahwa para pemain nasional yang memiliki tato "disarankan untuk menghapus" karya seni mencacah tubuh itu.

"Dalam keadaan khusus, tato harus ditutupi selama latihan dan kompetisi, dengan persetujuan anggota tim lainnya," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Dalam budaya China, stigma sudah sangat melekat dengan tato. Pada masa lalu, tato digunakan untuk menandai penjahat dan sampai sekarang, tato masih memiliki hubungan dengan kelompok kejahatan di Asia Timur.

Sejatinya, tato tidak disetujui Partai Kominis China yang berkuasa di Negeri Tirai Bambu tersebut. Meski demikian, tato semakin populer di kalangan anak muda China.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber BBC Sport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.