Final Piala AFF 2020: Indonesia Ingin Akhiri Penantian 25 Tahun, Thailand Siap Menjegal

Kompas.com - 29/12/2021, 07:24 WIB
Asnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman berselebrasi saat Indonesia melawan Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020. PSSIAsnawi Mangkualam, Egy Maulana Vikri, dan Witan Sulaeman berselebrasi saat Indonesia melawan Singapura pada laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020.

KOMPAS.com - Timnas Indonesia kembali mencapai final Piala AFF. Tim Garuda akan bertemu rival beratnya yang merupakan raksasa Asia Tenggara, Thailand, dalam final Piala AFF 2020.

Berdasarkan jadwal final Piala AFF 2020, leg pertama Indonesia vs Thailand itu bakal dihelat di Singapore National Stadium pada Rabu (29/12/2021) pukul 19.30 WIB.

Ini menjadi kesempatan keenam Indonesia untuk merengkuh trofi turnamen bergengsi antarnegara Asia Tenggara tersebut. Sebelumnya, pasukan Merah-Putih selalu gagal dalam lima kesempatan final.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Indonesia Vs Thailand: Perjuangan Awal Garuda di Final Piala AFF

Indonesia menjejakkan kaki di final setelah menyingkirkan tuan rumah, Singapura, dalam dua laga semifinal.

Setelah bermain imbang 1-1 dalam leg pertama, Indonesia menang 4-2 pada leg kedua yang penuh drama karena dihiasi tiga kartu merah untuk pemain Singapura.

Sementara itu, Thailand, yang berstatus lima kali juara Piala AFF, melangkah ke partai puncak setelah menjegal langkah sang juara bertahan, Vietnam.

Thailand menang 2-0 pada leg pertama. Kemudian, tim berjulukan Gajah Perang ini mampu menahan imbang Vietnam dengan skor 0-0 pada leg kedua sehingga mereka lolos dengan agregat 2-0.

Memang, rekor Indonesia kurang mentereng di ajang Piala AFF karena belum pernah menjadi juara.

Sudah 25 tahun pasukan Garuda mendambakan trofi tersebut. Kini, impian untuk mengakhiri penantian itu sudah di depan mata karena hanya perlu dua langkah lagi setelah mencapai final.

Dua langkah karena final Piala AFF menggunakan format dua leg. Setelah pertemuan malam nanti, Indonesia dan Thailand akan bersua lagi pada 1 Januari 2022 yang menjadi momen penentuan siapa yang menjadi juara edisi 2020.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.