Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/07/2021, 12:40 WIB

KOMPAS.com - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, menorehkan prestasi yang hanya pernah dilakukan sekali oleh pelatih-pelatih Three Lions sebelumnya di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Kemenangan 4-0 timnas Inggris atas timnas Ukraina pada Minggu (4/7/2021) dini hari WIB merupakan kali keempat Gareth Southgate membawa Three Lions menang di babak knockout turnamen besar.

Rinciannya, Gareth Southgate menorehkan dua kemenangan knockout di Piala Dunia 2018 di Rusia: pada laga 16 besar kontra Kolombia dan perempat final lawan Swedia.

Di Euro 2020 ini, Inggris berhasil menang lawan musuh bebuyutan mereka Jerman di babak 16 besar dan mengalahkan Ukraina.

Ia menyamai catatan kemenangan terbaik seorang pelatih Inggris di babak knockout yang sebelum ini diukir Sir Alf Ramsey, pelatih yang membawa timnas Inggris juara Piala Dunia 1966.

Baca juga: Inggris ke Semifinal Euro 2020, Southgate Sebut 4 Pahlawan Terlupakan

Ramsey membawa Inggris menang 1-0 atas Argentina di perempat final Piala Dunia 1966, 2-1 atas Portugal di semifinal, dan kemenangan 4-2 di partai pamungkas lawan Jerman.

Jumlah ini ditambah satu kemenangan lagi pada playoff untuk tempat ketiga di Euro 1968.

Ketika itu, Inggris menang 2-0 atas Uni Soviet.

Pencapaian Southgate juga membawanya melewati torehan Sir Bobby Robson yang menang tiga kali di babak knockout turnamen besar.

Sir Bobby membawa Inggris menang atas Paraguay di babak 16 besar Piala Dunia 1986 sebelum langkah mereka dihentikan aksi jenius (dan curang) Diego Maradona di perempat final.

Baca juga: Usai Tumbangkan Jerman, Gareth Southgate Bicara Soal Kepedihan Angkatan 1996

Setelah itu, Sir Bobby mengantar Three Lions menang atas Belgia di babak 16 besar dan Kamerun di perempat final Piala Dunia 1990.

Petualangan Inggris di Piala Dunia 1990 berakhir lewat drama adu penalti kontra timnas Jerman.

Gareth Southgate juga menjadi hanya manajer kedua sepanjang sejarah yang berhasil membawa timnas Inggris ke semifinal Piala Dunia dan Piala Eropa, yakni pada 1966 dan 1968.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+