Kompas.com - 20/06/2021, 07:00 WIB
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago. KOMPAS.com/Suci RahayuPelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago.

BATU, KOMPAS.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mengaku tidak memiliki banyak waktu untuk mengawal negaranya Brasil yang sedang berlaga di Copa America 2021.

Hal tersebut dikarenakan dia sedang benar-benar fokus mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk Persipura Jayapura dalam mempersiapkan diri menyongsong AFC Cup dan Liga 1 2021.

Walau begitu, rasa patriotisme yang tinggi dalam diri, membuat Jacksen F Tiago berusaha menyisihkan sedikit waktu untuk memantau perjuangan Tim Samba, julukan Brasil.

“Brasil pun tidak sempat menonton. Soalnya jamnya berbenturan dengan jadwal latihan kami, jadi cuma lihat highlights saja,” ujar mantan pelatih Barito Putera itu kepada KOMPAS.com.

“Tapi, tetap melihat perkembangan Brasil meskipun hanya highlight,” kata Jacksen menambahkan.

Baca juga: Hasil Brasil Vs Peru Copa America - Neymar Bawa Selecao Pesta 4 Gol!

Jacksen F Tiago dikenal sebagai pelatih yang sangat mencintai Brasil. Alasan yang sama membuatnya menolak untuk menjadi warga negara Indonesia, walaupun sudah berkiprah di Tanah Air nyaris 30 tahun lamanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, meskipun banyak berkiprah di sepak bola Indonesia, Jacksen F Tiago cukup aktif dengan program-program di Brasil.

Dia kerap mendapatkan undangan untuk melakukan seminar, diskusi, maupun pembicara dalam berbagai acara bernuansa sepak bola di Brasil. Utamanya saat event besar seperti Copa America.

Namun, pada Copa America 2021 ini dia mengatakan tidak bisa banyak bergerak karena kesibukannya bersama Persipura.

“Tahun ini, saya tidak jadi komentator. Karena memang waktu saya terbatas, dengan persiapan Persipura saat ini. Yang ada adalah pembahasan lewat Zoom,” tuturnya.

Penyerang Brasil Neymar (kiri) berselebrasi dengan rekan setimnya Richarlison setelah mencetak gol ke gawang Peru pada laga Conmebol Copa America 2021 di Stadion Nilton Santos di Rio de Janeiro, Brasil, pada 17 Juni 2021.AFP/CARL DE SOUZA Penyerang Brasil Neymar (kiri) berselebrasi dengan rekan setimnya Richarlison setelah mencetak gol ke gawang Peru pada laga Conmebol Copa America 2021 di Stadion Nilton Santos di Rio de Janeiro, Brasil, pada 17 Juni 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.