BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola

Klub Serie B Milik Djarum Group, Como 1907, Siap Rekrut Pelatih Berbakat Asal Indonesia

Kompas.com - 08/05/2021, 14:47 WIB
Program kepelatihan dari Djarum Group dan Mola (Dok. Mola) MolaProgram kepelatihan dari Djarum Group dan Mola (Dok. Mola)

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam sepak bola, pelatih merupakan salah satu aktor penting kesuksesan sebuah klub.

Seperti diketahui, peran pelatih sangat vital. Mulai dari menyusun menu latihan, mengatur taktik, membangun kekompakan skuad, hingga meramu susunan pemain menjadi tanggung jawab pelatih.

Di tangan pelatih kepala berkualitas, tim yang berisi pemain medioker bisa saja tampil maksimal dan berprestasi.

Begitupun sebaliknya, tim bertabur pemain bintang belum tentu bermain bagus bila sang pelatih kepala tidak bisa memaksimalkan potensinya.

Sebagai contoh penampilan klub Liga Inggris, Chelsea, pada musim ini. Dengan materi pemain yang cukup potensial, Chelsea era Frank Lampard justru terseok-seok di berbagai kompetisi yang mereka ikuti.

Namun, begitu Lampard dilengserkan dan digantikan oleh Thomas Tuchel di pertengahan musim 2020/2021, Chelsea kembali menunjukkan performa gemilang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Chelsea kembali bercokol di empat besar klasemen Premier League dan lolos hingga ke final FA Cup.

Teranyar, Tim Biru London—julukan Chelsea—berhasil mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-0 di babak semifinal leg kedua UEFA Champions League, Kamis (6/5/2021). Chelsea pun berhak lolos ke babak final untuk bertemu Manchester City.

Melansir laman thesoccerstore.co.uk, untuk menjadi seorang pelatih jempolan, diperlukan beberapa atribut pendukung, seperti metodologi yang jelas, kepribadian kuat, kemampuan manajemen manusia, dan mentalitas.

Atribut tersebut dibutuhkan agar pelatih dapat menyatukan, mendorong, dan memaksimalkan skuad untuk meraih prestasi.

Menyadari pentingnya sosok pelatih dalam dunia sepak bola, Djarum Group mengadakan program kepelatihan bagi pelatih asal Indonesia agar dapat menimba ilmu di Italia.

Tujuan program tersebut adalah untuk menyalurkan aspirasi para pelatih Indonesia agar bisa berkembang dan mempelajari lebih dalam tentang industri sepak bola dunia.

Program tersebut juga merupakan bentuk komitmen Djarum Group untuk memajukan sepak bola nasional.

Sebelumnya, bersama dengan Mola, Djarum sudah menjalankan program pembinaan pemain usia muda, Garuda Select.

Program kepelatihan di Italia

Pada program kepelatihan, Djarum dan Mola membuka kesempatan bagi tiga orang pelatih asal Indonesia untuk belajar dan bekerja secara langsung di klub Como 1907 mulai musim 2021/2022.

Sebagai informasi, Como 1907 merupakan klub asal Lombardia, Italia, yang dibeli Djarum Group pada 2019. Usai berpindah kepemilikan, Como 1907 berhasil meraih tiket promosi ke Serie B, kasta ke dua sepak bola Italia, pada musim 2021/2022.

Perwakilan Mola Mirwan Suwarso mengatakan, satu dari tiga orang yang berhasil lolos seleksi akan menduduki posisi asisten pelatih di tim utama. Sementara, dua orang lainnya akan bergabung dengan tim akademi.

“Mereka akan bergabung dengan tim kepelatihan Como yang sedang dibentuk oleh CEO dan Direktur Sepak Bola kami, Dennis Wise. Proses seleksi akan dipantau langsung oleh Dennis dan Direktur Olahraga Como, Carlalberto Ludi,” ujar Mirwan saat diwawancara Kompas.com melalui Zoom, Kamis.

Untuk dapat mengikuti proses seleksi, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta.

“Di antaranya berusia minimal 25 tahun, sudah menamatkan jenjang pendidikan, dan memegang lisensi kepelatihan minimal C nasional. Selain itu, harus fasih berbahasa Inggris, baik secara verbal maupun tulisan, tidak terafiliasi sebagai karyawan di Djarum Group, serta memiliki Surat Keterangan Berkelakuan Baik (SKKB),” ucap Mirwan.

Persyaratan program kepelatihan (Dok. Mola)Mola Persyaratan program kepelatihan (Dok. Mola)

Mirwan melanjutkan, tiga orang terpilih akan langsung diberikan kontrak profesional. Mereka akan terlibat langsung dalam struktur kepelatihan Como.

“Jadi, ini benar-benar seperti real job. Begitu mereka bergabung di klub, keputusan sudah bukan ada di tangan kami. Semua penilaian langsung diberikan oleh pihak klub. Jika sesuai ekspektasi, bisa saja kontrak mereka diperpanjang. Jika tidak, mungkin langsung dipecat,” kata Mirwan.

Oleh karena itu, Mirwan mengingatkan kepada calon peserta agar dapat memberikan kemampuan terbaiknya. Terlebih, jika mereka sampai terpilih nantinya.

Pasalnya, menurut dia, momen itu merupakan kesempatan emas bagi pelatih lokal untuk dapat menimba ilmu di Eropa, terutama di negara yang maju dalam hal sepak bola.

Apalagi, tiga pelatih terpilih juga mendapatkan privilese berupa kesempatan bersekolah kepelatihan untuk mendapatkan lisensi kepelatihan tingkat UEFA.

“Ini kesempatan langka karena sepanjang sejarah belum pernah ada klub Italia, bahkan Eropa, yang membuka kesempatan khusus kepada para pelatih asal Indonesia. Apalagi untuk bergabung menjadi bagian dalam kerangka tim,” jelas Mirwan.

Mirwan menginformasikan kepada calon peserta yang berminat mendaftar untuk segera mengirimkan persyaratan melalui email ke alamat como1907@mola.tv paling lambat Jumat (30/7/2021).


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.