Komposisi Lokal Persebaya Komplet, Aji Santoso Minta Izin Orbitkan Pemain Muda

Kompas.com - 06/05/2021, 09:58 WIB
Skuad Persebaya saat ujicoba di latihan terakhir jelang libur lebaran di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Jawa Timur, Selasa (04/05/2021) sore. KOMPAS.com/Suci RahayuSkuad Persebaya saat ujicoba di latihan terakhir jelang libur lebaran di Stadion Gelora 10 November Surabaya, Jawa Timur, Selasa (04/05/2021) sore.

SURABAYA, KOMPAS.com - Persebaya menutup latihan sebelum Lebaran dengan hasil manis pada laga uji coba melawan Putra Jombang dengan skor 4-1 di Stadion Gelora 10 November Tambaksari, Selasa (4/5/2021).

Tiga gol diborong pemain trial, Johan Yoga Utama, yang menjadi sorotan dalam laga tersebut. Sementara itu, satu gol lainnya dicetak oleh M Hidayat.

Aji Santoso mengatakan, uji coba sebelum libur panjang tersebut sejatinya diperuntukkan untuk menjaga kondisi tubuh.

Namun, dia terkesan karena semua pemain ternyata tetap tampil total.

Baca juga: 4 Pemain Asing Persebaya Bergabung dengan Tim Usai Lebaran

“Kan juga puasa, saya tidak bisa push mereka untuk benar-benar fight, tetapi paling tidak anak-anak tadi masih menjaga bagaimana cara bermain sepak bola ala Persebaya," ujar pelatih berusia 51 tahun.

Laga uji coba tersebut sekaligus menjadi penilaian terakhir bagi beberapa pemain yang sedang menjalani trial bersama Persebaya Surabaya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasilnya, dua dari tiga pemain trial dipertahankan dan kemungkinan besar masuk dalam skuad Liga 1 2021.

"Untuk pemain trial, Johan Yoga dan Rizky masih bisa bergabung pada tanggal 19 Mei. Namun, si Adek Papua (Dau Yafeth) untuk saat ini belum bisa bergabung," katanya.

Aji Santoso memberikan kode keduanya menjadi rekrutan lokal terakhir Persebaya Surabaya.

Komposisi saat ini dirasa sudah cukup memenuhi kebutuhan untuk mengarungi Liga 1 2021, khususnya di sektor lini serang, tinggal nanti dilengkapi kembali oleh rekrutan-rekrutan asing yang akan segera diperkenalkan.

Baca juga: Persebaya Ubah Rencana Terkait Bidikan Pemain Asing

Namun, meskipun dari segi kebutuhan tim sudah komplet, Aji Santoso meminta izin kepada manajemen untuk diperbolehkan mengorbitkan pemain muda sewaktu-waktu.

Insting pelatih yang terkenal gemar mengorbitkan pemain muda tersebut agaknya tidak rela menyia-nyiakan begitu saja "berlian-berlian mentah" yang lewat di depan matanya.

"Saya sudah ada striker, saya tidak akan mengambil striker yang sudah jadi. Namun, saya sudah sampaikan kepada Pak Chandra (Manajer Persebaya), kalau saya menemukan pemain muda yang belum berpengalaman, tetapi punya kualitas menurut pengamatan saya, saya akan ambil," ucapnya. 

"Namun, untuk pemain yang sudah jadi, tidak. Kami hanya akan menunggu pemain asing saja," kata mantan pelatih Persela Lamongan itu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X