Kompas.com - 18/01/2021, 20:00 WIB
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat mendampingi timnya dalam laga pekan pertama Liga 1 2020 menghadapi Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAPelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, saat mendampingi timnya dalam laga pekan pertama Liga 1 2020 menghadapi Persela Lamongan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

BANDUNG, KOMPAS.com - Operator kompetisi sepak bola Indonesia, PT Liga Indonesia Baru (LIB), memproyeksikan menggelar Liga 1 2021 pada Maret mendatang. Menurut wacana yang beredar, pembukaan Liga 1 2021 akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menanggapi wacana tersebut. Pelatih asal Belanda itu mengaku keberatan bila Liga 1 2021 digelar pada bulan Maret karena dirasa terlalu cepat.

Alberts memprediksi, bila kompetisi digelar pada Maret 2021, akan ada banyak klub yang merasa tidak siap untuk mengikuti kompetisi karena sejumlah kondisi.

Sebab, tim membutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk mempersiapkan skuadnya agar bisa tampil maksimal di kompetisi.

Baca juga: Persib Tak Merasa Rugi bila Liga 1 2020 Dihentikan

Pasalnya, kondisinya saat ini banyak kontestan Liga 1 yang kehilangan pemain andalannya, terutama pemain asing.

Bahkan, beberapa klub, seperti Persebaya Surabaya, Madura United, hingga Persipura Jayapura sudah membubarkan skuadnya.

Tentu saja, mereka membutuhkan waktu untuk membangun kembali skuadnya agar bisa tampil maksimal di kompetisi.

"Menurut saya, rencana untuk menjalankan liga di bulan Maret terlalu cepat. Jika setiap klub belum mulai berlatih dan banyak klub masih mencari pemain asing baru, itu tidak ideal," kata Alberts kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

"Kami berbicara soal kualitas liga dan antusiasme untuk suporter dan standar dari sepak bola Indonesia dalam platform yang lebih besar," kata dia.

Baca juga: Klub Terkatung-katung, Persib Harap Sepak Bola Kembali Bangkit

Selain itu, dari sisi teknis pun Alberts menilai, semua klub tidak akan memiliki waktu persiapan yang ideal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X