Kompas.com - 01/01/2021, 23:47 WIB
Aaron Wan-Bissaka dan Mason Mount dalam laga semifinal Piala FA 2019-2020, Manchester United vs Chelsea di Wembley. AFP/ANDY RAIN/POOLAaron Wan-Bissaka dan Mason Mount dalam laga semifinal Piala FA 2019-2020, Manchester United vs Chelsea di Wembley.

KOMPAS.com - Bek kanan Manchester United, Aaron Wan-Bissaka, terbilang konsisten menjaga reputasinya sebagai salah satu pemain bertahan andal dalam kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League.

Pemain 23 tahun itu mengakhiri tahun kalender 2020, sebagai pemain dengan jumlah tekel berhasil tertinggi yakni mencapai 96 kali di ajang Premier League.

Ia menggunguli dua pemain lain sebagai pesaing terdekatnya yakni Yves Bissouma (Brighton & Hove Albion) dan Declan Rice (West Ham United) dengan catatan 86 kali melancarkan usaha merebut bola dari lawan pada periode serupa.

Hebatnya lagi, ini adalah kali ketiga bagi Wan-Bissaka mengakhiri periode tahun kalender berstatus sebagai pemain paling banyak melancarkan tekel kepada pemain lawan di pentas liga.

Baca juga: Man United Vs Aston Villa, Bek Setan Merah Waspada Ketajaman El Ghazi

Eks pemain Crystal Palace tersebut mengakhiri 2018 dengan 99 kali upaya merebut bola, yang kemudian meningkat mencapai 133 sepanjang 2019.

Kinerja rajin Wan-Bissaka dalam menutup kesempatan pemain lawan untuk menguasai bola juga terbilang tanpa cela.

Hal tersebut didasarkan pada fakta bahwa ia belum mendapat kartu kuning maupun merah dari wasit akibat pelanggaran selama membela Man United musim ini.

"Sangat menyenangkan saat diberitahu bahwa saya belum sekalipun mendapat hukuman kartu dalam pertandingan liga selama musim ini," ujar Wan-Bissaka seperti dilansir dari laman resmi Man United.

"Saya paham bahwa tidak perlu melakukan tekel secara sembarangan, tanpa memastikan waktu atau situasi saat berupaya merebut bola dari lawan," katanya menambahkan.

Statistik lain di mana Wan-Bissaka unggul atas seluruh pemain lain di Premier League sejauh ini adalah jumlah keberhasilan dalam mengeblok tendangan kubu lawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X