Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harry Maguire Pesepakbola Tersibuk Sepanjang 2020

Kompas.com - 21/12/2020, 21:00 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bek Manchester United, Harry Maguire, menyandang predikat sebagai pemain paling sibuk di kancah kompetisi sepak bola profesional sepanjang 2020 ini.

Hal itu ditunjukkan oleh data yang dirilis lembaga observasi sepak bola, CIES, seperti dikutip KOMPAS.com dari Four Four Two.

Maguire berdasarkan catatan CIES, mengumpulkan 4.745 menit bermain di berbagai ajang berseragam Man United hingga akhir pengumpulan data pada 17 Desember lalu.

Penjaga gawang klub Brasil, Internacional, Marcelo Lomba menempati posisi kedua pemain tersibuk selama 2020, usai mengoleksi 4.740 menit bermain.

Baca juga: Usai Cetak Sejarah, McTominay Dibandingkan dengan 2 Legenda Man United

Sementara pemain di luar kiper dengan jam terbang tertinggi setelah Maguire, dicatat oleh bek Manchester City, Ruben Dias, dengan koleksi 4.344 menit berlaga di lapangan.

Penyerang Barcelona, Lionel Messi, berada di deretan berikut dengan 4.293 menit dilanjutkan oleh gelandang andalan Man United, Bruno Fernandes, yang turun bermain 4.164 menit pada 2020 ini.

Masih ada pemain Man United lain dalam daftar 10 besar pemain tersibuk 2020 itu, dengan bek Victor Lindelof yang berada di posisi ketujuh.

Fakta keberadaan empat pemain yang berbasis di Premier League dalam tabel peringkat pemain tersibuk sepanjang 2020 itu, muncul di tengah wacana perdebatan perlunya penambahan jatah pergantian pemain dalam pertandingan.

Proses pengambilan suara terakhir yang melibatkan seluruh klub peserta Premier League baru-baru ini, kembali mementahkan wacana yang kerap disuarakan oleh pelatih Liverpool, Juergen Klopp itu.

Agenda kompetisi di kasta kompetisi teratas Liga Inggris itu, menjadi salah satu yang tersibuk di benua Eropa sepanjang tahun ini.

Namun, Premier League juga menjadi satu-satunya kompetisi papan atas di benua biru itu yang masih menerapkan tiga pergantian pemain dibandingkan jatah lima orang di kompetisi domestik negara lain.

Pelatih Man United, Ole Gunnar Solskjaer, di kesempatan berbeda pernah mengakui amat mengandalkan duet Maguire dan Lindelof untuk mengawal lini pertahanan klubnya.

Baca juga: Man United Bantai Leeds United, Kata Solskjaer Skor Akhir Bisa 12-4

Di sisi lain, Solskjaer mengakui khawatir bahwa kedua bek sentralnya suatu saat akan mengalami kelelahan dan berujung potensi mengalami cedera di pertengahan musim.

"Sejauh ini kedua pemain mampu tampil konsisten dan saya senang dengan penampilan mereka, terlepas pada akhirnya mereka akan membutuhkan waktu istirahat," ujar Solskjaer.

Maguire saat ini menyandang ban kapten di skuad Man United usai didatangkan dari Leicester City pada Agustus 2019 lalu dengan banderol 87 juta Poundsterling.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com