Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Wasit: Pengadil Laga Fulham Vs Liverpool Ambil Keputusan Tepat

Kompas.com - 15/12/2020, 05:40 WIB
Medikantyo Junandika Adhikresna,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

Sumber Sky Sports

KOMPAS.com - Luapan kekecewaan datang dari pelatih Liverpool, Juergen Klopp, usai timnya mengakhiri laga menghadapi Fulham dengan skor 1-1 dalam lanjutan kompetisi teratas Liga Inggris, Premier League, pada Minggu (13/12/2020) atau Senin dini hari WIB.

Klopp meradang atas keputusan wasit Andre Marriner, yang tidak meniup peluit terjadinya pelanggaran kepada penyerang Mohamed Salah oleh bek Fulham, Antonee Robinson.

Insiden itu terjadi jelang proses terciptanya gol Fulham melalui sepakan Bobby Cordova-Reid di awal babak pertama yang menyebabkan Liverpool tertinggal 0-1.

Mantan wasit Premier League, Dermot Gallagher, dalam analisisnya yang dikutip KOMPAS.com dari Sky Sports berpendapat Marriner sudah tepat untuk tidak menghentikan alur pertandingan.

Baca juga: Fulham Vs Liverpool, Kekesalan Juergen Klopp

"Wasit memiliki sudut pandang terbaik dalam melihat insiden ini. Ia dapat melihat apakah Robinson hanya melakukan sentuhan atau secara sengaja mendorong Salah. Dalam hal ini saya setuju dengannya dan menilai tidak ada pelanggaran yang terjadi," kata Gallagher.

"Memang tidak ada keraguan bahwa tangan Robinson berada di bagian belakang tubuh Salah saat itu. Marriner harus membuat keputusan cepat apakah terjadi dorongan secara sengaja atau Salah hanya merespons penempatan tangan Robinson di punggungnya," ujarnya lagi.

Marriner, bersama perangkat pertandingan Lee Mason yang melakukan tinjauan melalui teknologi VAR, juga membuat keputusan terkait penalti dalam duel di Stadion Craven Cottage tersebut.

Ia meninjau kemungkinan adanya pelanggaran sehingga berbuah penalti saat bek Liverpool, Fabinho, menghalang laju penyerang Fulham, Ivan Cavaleiro.

Setelah melakukan diskusi, Marriner melihat Fabinho lebih dahulu menyentuh bola dan hanya memberikan Fulham kesempatan tendangan penjuru.

"Ia berpatokan pada arah bola bergulir dan menurutnya Fabinho secara sah menyentuh bola. Dalam pandangan saya, ia sudah tepat memberikan Fulham sepak pojok," kata Gallagher.

Kemudian di babak kedua, Marriner pada akhirnya menunjuk titik putih usai pemain Fulham Aboubakar Kamara menyentuh bola hasil tendangan bebas gelandang Liverpool, Georginio Wijnaldum.

Baca juga: Hasil Fulham Vs Liverpool - Imbang, The Reds Gagal Gusur Tottenham di Puncak

"Jika posisi lengan Kamara diangkat setinggi itu dan menghalangi laju bola tendangan bebas maka seharusnya terjadi tendangan penalti," ujar Gallagher menegaskan.

"Pembelaan dari Kamara yang menyebut sudah berbalik badan saat melompat tidak mempengaruhi keputusan wasit, karena berdasarkan peraturan posisi lengannya itu tidak dibenarkan," ucapnya lagi.

Hasil imbang menghadapi Fulham sendiri membuat Liverpool tertahan di posisi kedua klasemen sementara, dengan raihan 25 poin dari 12 pertandingan Premier League.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky Sports
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com