Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/12/2020, 17:24 WIB

KOMPAS.com - Legenda klub AC Milan, Paolo Maldini, menyebut mantan timnya memiliki sudut pandang berbeda dalam perburuan gelar kasta teratas Liga Italia, Serie A, musim ini.

Maldini berpendapat skuad Rossoneri tidak berada dalam tekanan usai menduduki puncak klasemen sementara Serie A, dengan keunggulan tiga angka dari tim di posisi kedua, Inter Milan.

"Kalkulasi yang dibuat oleh Milan tidak berkaitan dengan posisi sebagai pemuncak klasemen sementara. Cara berpikir kami justru terkait dengan seberapa jauh tim ini dari peringkat lima klasemen," ujar Maldini seperti dilansir KOMPAS.com dari Football Italia.

"Sudut pandang tersebut akan berdampak pada berkurangnya drama dalam ruang ganti apabila suatu saat tim ini mengalami kekalahan, hal yang jelas tidak dapat kami hindari cepat atau lambat," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pengakuan Stefano Pioli: AC Milan Main Lamban dan Rindu Ibrahimovic

Apabila nanti Milan benar-benar mengalami penurunan performa, Maldini berpendapat situasi tersebut tidak akan berdampak lebih jauh pada kondisi para pemain.

Dengan preferensi untuk melihat selisih poin dari tim di peringkat lima, anggota skuad Rossoneri tidak memikul beban sama besar dengan para pesaingnya di papan atas.

"Saat tim ini tidak lagi berada di puncak klasemen, saya tidak akan menyebutnya sebagai kegagalan. Karena sedari awal Milan tidak memiliki ekspektasi untuk berada di posisi itu," ucap Maldini.

Milan memiliki catatan positif saat kali terakhir tidak terkalahkan selama 11 pertandingan awal di kompetisi teratas Liga Italia.

Mereka sanggup keluar sebagai juara Serie A saat melakukannya pada musim 1991-1992, 1992-1993, dan 2003-2004.

Hal itu lantas menumbuhkan harapan di tubuh skuad asuhan Stefano Pioli untuk dapat pula mengakhiri musim 2020-2021 sebagai juara, sesuai dengan catatan tadi.

Baca juga: AC Milan Tidak Pernah Menyerah dan Terus Incar Kemenangan

"Mengawali musim dengan rentetan hasil baik jelas membantu tim, itu sudah pasti. Tetapi, skuad di masa itu sangat kompetitif dan memiliki ekspektasi jauh berbeda dengan tim saat ini," ujar Maldini menegaskan.

Milan dalam pekan pertandingan berikut di Serie A, akan bertandang menuju kandang Genoa pada Rabu (16/12/2020) waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+