Timnas Qatar Bergabung di Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa

Kompas.com - 09/12/2020, 23:40 WIB
Lionel Messi sukses melewati penjagaan Karim Boudiaf pada laga Qatar vs Argentina dalam lanjutan Copa America 2019 di Gremio Arena, 23 Juni 2019. AFP/JEFERSON GUAREZELionel Messi sukses melewati penjagaan Karim Boudiaf pada laga Qatar vs Argentina dalam lanjutan Copa America 2019 di Gremio Arena, 23 Juni 2019.

KOMPAS.com - Timnas Qatar mempersiapkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 dengan berlaga menghadapi negara-negara Eropa.

Berstatus sebagai tim undangan, timnas Qatar bakal berlaga di ajang kualifikasi Piala Dunia zona Eropa.

Qatar akan bergabung dalam Grup A yang berisikan Republik Irlandia, Portugal, Serbia, Luksemburg, dan Azerbaijan.

Setiap pertandingan melawan Qatar nantinya tidak akan memberi poin baik untuk kemenangan maupun hasil imbang.

Pertandingan antara Qatar dan tim negara-negara Eropa tersebut akan berlangsung di tempat netral dengan jadwal yang diumumkan secara resmi oleh Persatuan Asosiasi Sepakbola Eropa ( UEFA) dalam waktu dekat.

Baca juga: Pelatih Timnas Argentina di Piala Dunia 2014 Meninggal Dunia, Lionel Messi Berduka

"Setelah mendapatkan jatah tampil di Piala Dunia 2022 sebagai tuan rumah, UEFA secara resmi mengundang mereka untuk bergabung dengan negara-negara di Grup A dalam persiapan jelang turnamen tersebut," kata juru bicara UEFA seperti dilansir KOMPAS.com dari Guardian.

Persiapan tidak lazim ini sebenarnya pernah dilakukan oleh Prancis ketika menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016.

Mereka bergabung dengan sebuah grup kualifikasi yang juga berisikan timnas Portugal dan Serbia untuk menjalani agenda "uji tanding terpusat".

Jadwal pertandingan menghadapi tim-tim asal Benua Biru tersebut menambah panjang kalender uji tanding timnas Qatar sebelum terjun ke ajang Piala Dunia mendatang.

Timnas Qatar juga akan tampil dalam pentas Copa America pada Juni mendatang, dilanjutkan partisipasi Qatar di turnamen Piala Emas Concacaf sebulan kemudian.

Berlanjut pada Desember 2021, Qatar berencana menggelar turnamen kecil sebagai persiapan sebagai tuan rumah dengan tajuk FIFA Arab Cup.

Baca juga: Hasil Undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa - Perancis Mudah, Inggris Hadapi Lawan Tangguh

Kemungkinan, turnamen mini itu dimaksudkan untuk mengisi kekosongan akibat ketiadaan agenda Piala Konfederasi mulai tahun depan.

Timnas Qatar terbilang jarang mendapat lawan tanding asal Eropa dalam rangka uji coba.

Islandia menjadi tim anggota UEFA terakhir yang menghadapi tim asuhan Felix Sanchez itu pada 2018 lalu.



Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X