Kompas.com - 09/12/2020, 20:00 WIB
Manajer Liverpool Jerman Juergen Klopp (kanan) mengucapkan selamat kepada bek Liverpool asal Inggris Rhys Williams (kiri) di lapangan setelah pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions UEFA antara Liverpool vs Midtjylland di Anfield pada 27 Oktober 2020. AFP/POOL/PHIL NOBLEManajer Liverpool Jerman Juergen Klopp (kanan) mengucapkan selamat kepada bek Liverpool asal Inggris Rhys Williams (kiri) di lapangan setelah pertandingan sepak bola Grup D Liga Champions UEFA antara Liverpool vs Midtjylland di Anfield pada 27 Oktober 2020.

KOMPAS.com - Perombakan susunan pemain bakal dilakukan pelatih Liverpool, Juergen Klopp, saat tim asuhannya berhadapan dengan Midtjylland dalam ajang Liga Champions, Rabu (9/12/2020) atau Kamis dini hari WIB.

Jadwal pertandingan skuad Liverpool yang padat selama Desember ini, menjadi alasan Klopp untuk mengistirahatkan sejumlah pemain kunci dalam pertemuan di Stadion MCH Arena nanti.

"Pertandingan nanti berlangsung tiga hari setelah laga sebelumnya yang sebenarnya biasa saja untuk kami. Namun, dalam 10 hari ke depan kami punya empat pertandingan sebagai pertimbangan utama," kata Klopp seperti dilansir KOMPAS.com dari laman resmi Liverpool

Usai meladeni klub asal Denmark itu, Klopp akan berfokus pada agenda di Liga Inggris menghadapi Fulham pada Minggu (13/12/2020), Tottenham Hotspur pada Rabu (16/12/2020), dan Crystal Palace pada akhir pekan setelahnya.

Baca juga: Pemain Muda Dortmund Pecahkan Rekor Pemain Termuda di Liga Champions

Klopp tidak menampik kemungkinan akan menurunkan pemain muda dalam laga melawan Midtjylland, yang tidak lagi berpengaruh pada kelanjutan nasib mereka di Liga Champions.

"Menghadapi laga penyisihan grup tanpa keharusan untuk menang atau meraih poin merupakan hal baru bagi kami. Saya ingin hal ini memberi manfaat kepada tim alih-alih masalah baru," kata Klopp.

Potensi masalah yang dimaksud pelatih berkebangsaan Jerman itu adalah cedera yang membuat sejumlah pemain tim utama harus absen, bahkan dalam waktu jangka panjang.

Deretan pemain yang sedang berada dalam masa rehabilitasi antara lain Virgil van Dijk, Joe Gomez, Alisson Becker, James Milner, Xherdan Shaqiri, hingga Thiago Alcantara.

Mantan juru latih Borussia Dortmund itu menyebut pemain muda dalam skuadnya sudah memiliki pengalaman serta bekal lebih dari cukup untuk memegang peran penting saat meladeni Midtjylland.

"Kehilangan pemain andalan membuka peluang untuk menurunkan pemain muda yang tepat dalam sebuah laga. Mereka sejauh ini sudah mampu menunjukkan hal tersebut," kata Klopp.

Ia mencontohkan bek sayap Neco Williams yang bermain dua laga secara berurutan, serta kesanggupan kiper Caoimhin Kelleher menjaga gawangnya nirbobol dalam laga melawan Ajax dan Wolverhampton Wanderers.

Baca juga: Ajax Vs Atalanta, Siapa Temani Liverpool ke 16 Besar Liga Champions?

Bahkan gelandang Curtis Jones disebutnya tampil seperti pemain berpengalaman. "Caranya bermain sudah seperti seseorang yang berkarier selama 10 tahun," ujar Klopp.

Liverpool saat ini sudah mengamankan tiket ke babak 16 besar dengan berada di puncak klasemen Grup D Liga Champions serta meraih 12 angka.

Satu tiket lolos dari grup tersebut akan diperebutkan oleh Ajax dan Atalanta dalam partai yang juga berlangsung Kamis (10/12/2020) dini hari WIB nanti.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X