Garuda Select Diharapkan Tak Hanya Cetak Pemain Berkualitas, tetapi Juga Berkarakter

Kompas.com - 08/11/2020, 08:20 WIB
Suasana seleksi hari pertama Garuda Select di Stadion Pakansari, Kamis (29/10/2020). DOK. GARUDA SELECTSuasana seleksi hari pertama Garuda Select di Stadion Pakansari, Kamis (29/10/2020).

 

TANGERANG, KOMPAS.com - Program seleksi Garuda Select III mencapai babak akhir. Dari 150 pemain yang mengikuti seleksi di Jakarta, tersaring 26 nama yang akan digembleng selama 6 bulan di Inggris.

Pelatih Brasil yang malang melintang di dunia pengembangan usia dini Indonesia, Jaino Matos, menyambut baik dimulainya program Garuda Select edisi ketiga ini.

Pelatih yang sukses menjadikan Diklat Persib sebagai kawah candradimuka pemain nasional tersebut melihat Program Garuda Select menjadi sebuah paket komplit.

“Semua tentang sepak bola diajarkan, untuk menjadikan mereka pesepak bola yang baik,” kata Jaino Matos kepada KOMPAS.com.

Baca juga: 26 Pemain Terpilih dalam Seleksi Garuda Select Jilid III

Di Inggris, para pemain juga diberikan pelajaran, kesempatan berkompetisi, dan pengalaman baru yang mungkin tidak akan pernah mereka dapatkan di Indonesia.

Fisik para pemain akan diperbaiki, taktik, dan teknik mereka akan diasah langsung oleh pelatih dengan karakter sepak bola Inggris.

Tak lupa, mental mereka akan ditempa ulang dan diuji dengan menghadapi lawan-lawan baru dan situasi yang tidak biasa.

Ini menjadi kesempatan bagi pemain-pemain muda untuk menggali ilmu sepak bola sebanyak-banyaknya.

Namun, hal terpenting dan utama menurut Jaino Matos adalah para pemain harus bisa memanfaatkan momen ini untuk membentuk karakter.

Baca juga: Akademi Arema FC Pastikan Dua Pemain Tembus Garuda Select III

Di sana, para pemain muda diperkenalkan kultur sepak bola profesional secara langsung.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X