Cerita Kim Jeffrey Kurniawan soal Bisnis yang Digelutinya

Kompas.com - 05/10/2020, 16:20 WIB
Gelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, mencoba mengamankan bola dari sergapan bek Persela saat kedua tim bentrok pada pekan ke-30 Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (3/12/2019). KOMPAS.com/SEPTIAN NUGRAHAGelandang Persib, Kim Jeffrey Kurniawan, mencoba mengamankan bola dari sergapan bek Persela saat kedua tim bentrok pada pekan ke-30 Liga 1 2019, di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (3/12/2019).

BANDUNG, KOMPAS.com - Pamor Kim Jefrrey Kurniawan tidak hanya dikenal sebagai pesepak bola andal. Gelandang Persib Bandung itu juga dikenal sebagai seorang pebisnis. Di luar kesibukannya di lapangan hijau, Kim juga fokus menggeluti bisnis dalam bidang fashion. Pemain berdarah Jerman itu memiliki dua bisnis dalam ranah clothing dan barbershop.

Kim bercerita, hasrat berbisnisnya muncul sekitar lima tahun lalu. Bermula saat kompetisi Liga Primer Indonesia (LPI) dihentikan.

Saat itu, Kim yang membela Persema Malang memang berkompetisi di LPI. Ketidakjelasan kompetisi membuat Kim hijrah ke Pelita Bandung Raya (PBR), yang merupakan kontestan Liga Super Indonesia (LSI).

Sialnya, dua tahun kemudian, tepatnya pada 2015 kompetisi sepak bola Indonesia kembali dihentikan lantaran sanksi yang dijatuhkan FIFA kepada PSSI.

Momen penghentian kompetisi pada 2015 inilah yang membuat Kim memutar otak untuk mencari penghasilan lain di luar sepak bola. Pikirnya, selain menambah penghasilan, sekalian untuk investasi masa depan ketika sudah gantung sepatu.

"Dari situ kepikiran kalau sepak bola disini kaya gini terus masa depan saya sulit. Apalagi kalau sudah punya keluarga, kalau saya hanya mengandalkan sepak bola ya susah dong kalau situasi seperti ini muncul lagi," kata Kim saat diwawancarai wartawan, belum lama ini.

"Sudah dua kali saya pikir, apalagi dalam waktu yang berdekatan kan diberhentikannya. Nah dari situ saya sudah terpikirkan masa depannya. Maka dari itu awal awal kan clothing melalui online, berikutnya membuat toko, dan sekarang barbershop," sambung dia.

Bukan tanpa alasan Kim memilih berbisnis untuk menambah penghasilannya.

Saat masih tinggal di Jerman, Kim ternyata sempat berkuliah dengan mengambil jurusan bisnis dan ekonomi. Pendidikannya itu memang tidak selesai, karena Kim lebih memilih terbang ke Indonesia untuk melanjutkan karier sepak bola.

Meski begitu, Kim tidak menampik bahwa sejumlah ilmu yang didapatkan selama berkuliah di Jerman, sedikit banyaknya bermanfaat baginya untuk bisa mengelola dan mengembangkan bisnisnya itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X