Juergen Klopp Setuju Bantu Klub di Kasta Bawah

Kompas.com - 26/09/2020, 12:06 WIB
Reaksi Juergen Klopp saat menyaksikan Liverpool kebobolan gol kedua pada laga melawan Arsenal di Stadion Emirates, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB. AFP/SHAUN BOTTERILLReaksi Juergen Klopp saat menyaksikan Liverpool kebobolan gol kedua pada laga melawan Arsenal di Stadion Emirates, Kamis (16/7/2020) dini hari WIB.

LIVERPOOL, KOMPAS.com - Di mata pelatih Liverpool Juergen Klopp, klub asuhannya menikmati kemudahan dan aliran pemasukan uang yang lebih memadai jika dibandingkan dengan klub-klub di luar Liga Primer.

"Namun, di sinilah, Liga Primer harus punya tanggung jawab menolong piramida sepak bola Inggris," kata pelatih kelahiran Stutgart, Jerman ini.

Striker Manchester City, Sergio Aguero (tengah), dikepung pemain Sheffield Wednesday pada laga putaran kelima Piala FA di Stadion Hillsborough, Rabu (4/3/2020) atau Kamis dini hari WIB. AFP/GETTY IMAGES/CLIVE BRUNSKILL Striker Manchester City, Sergio Aguero (tengah), dikepung pemain Sheffield Wednesday pada laga putaran kelima Piala FA di Stadion Hillsborough, Rabu (4/3/2020) atau Kamis dini hari WIB.

Klopp membidik kebijakan bagi klub-klub Liga Primer, kasta tertinggi Liga Inggris, untuk bermurah hati menolong klub-klub pada kasta di bawahnya.

Baca juga: Jelang Liverpool Vs Arsenal, Juergen Klopp Lempar Pujian untuk Mikel Arteta

Klopp membuat pembanding.

Emerson Palmieri (kiri) berduel dengan Alex Mighten (tengah) pada laga babak ketiga Piala FA antara Chelsea vs Nottingham Forest di Stadion Stamford Bridge, Minggu 5 Januari 2020.AFP/ ADRIAN DENNIS Emerson Palmieri (kiri) berduel dengan Alex Mighten (tengah) pada laga babak ketiga Piala FA antara Chelsea vs Nottingham Forest di Stadion Stamford Bridge, Minggu 5 Januari 2020.

Klub Liga Primer masih mendapatkan pemasukan dari hak siar televisi meski laga digelar tanpa kehadiran langsung penonton di stadion.

Sudah enam bulan lamanya, pandemi corona membuat pemerintah Inggris melarang kerumunan penonton.

Para pemain Norwich City tertunduk setelah dipermalukan West Ham United dengan skor 0-4 pada pertandingan Liga Inggris, Sabtu 11 Juli 2020. Hasil pertandingan ini membuat Norwich terdegradasi dari Liga Inggris musim 2019-2020.AFP/POOL/IAN WALTON Para pemain Norwich City tertunduk setelah dipermalukan West Ham United dengan skor 0-4 pada pertandingan Liga Inggris, Sabtu 11 Juli 2020. Hasil pertandingan ini membuat Norwich terdegradasi dari Liga Inggris musim 2019-2020.

Kebijakan itu kembali diulang untuk setidaknya enam bulan ke depan sejak Senin (21/9/2020) melalui beleid anyar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Konsekuensinya, lagi-lagi klub, di seluruh kasta tak bisa mendapat pemasukan dari penjualan tiket penonton.

Dominic Solanke (kanan) merayakan golnya bersama David Brooks dalam laga Bournemouth vs Leicester City pada lanjutan pekan ke-35 Liga Inggris yang dilangsungkan di Stadion Vitality, Senin (13/7/2020) dini hari WIB.AFP/POOL/GLYN KIRK Dominic Solanke (kanan) merayakan golnya bersama David Brooks dalam laga Bournemouth vs Leicester City pada lanjutan pekan ke-35 Liga Inggris yang dilangsungkan di Stadion Vitality, Senin (13/7/2020) dini hari WIB.

"Klub-klub kasta bawah banyak yang hanya mengandalkan pemasukan dari penjualan tiket penonton," kata Juergen Klopp.

"Saya setuju ada kebijakan memberikan bantuan (finansial) kepada klub-klub di kasta bawah," ujar Klopp menyebut dana talangan sebagai salah satu cara yang bisa dipilih.

Huddersfield Town merayakan keberhasilan meraih tiket promosi ke Premier League setelah menang atas Reading pada laga play-off di Stadion Wembley, Senin (29/5/2017). AFP/GLYN KIRK Huddersfield Town merayakan keberhasilan meraih tiket promosi ke Premier League setelah menang atas Reading pada laga play-off di Stadion Wembley, Senin (29/5/2017).

"Sepak bola harus mampu saling menolong," pungkasnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X