Mantan Penggawa Dortmund Ini Masih Ingat "Sentuhan" Klopp

Kompas.com - 25/09/2020, 20:23 WIB
Juergen Klopp memberikan instruksi kepada pemainnya dalam laga Chelsea vs Liverpool pada pekan kedua Liga Inggris yang digelar di Stadion Stamford Bridge, 20 September 2020. AFP/POOL/NEIL HALLJuergen Klopp memberikan instruksi kepada pemainnya dalam laga Chelsea vs Liverpool pada pekan kedua Liga Inggris yang digelar di Stadion Stamford Bridge, 20 September 2020.

BANGKOK, KOMPAS.com - Mantan penggawa Borussia Dortmund asal Jepang, Mitsuru Maruoko mengaku masih ingat "sentuhan" Juergen Klopp sebagai pelatih.

"Klopp selalu mengatakan kepada saya agar menikmati setiap permainan di laga sepak bola," kata Maruoko yang berkostum Dortmund pada 2014-2015.

Gelandang Inggris Dortmund Jude Bellingham (kanan) merayakan gol bersama rekan setimnya gelandang Inggris Dortmund Jadon Sancho dan penyerang Dortmund asal Belgia Thorgan Hazard selama pertandingan sepak bola putaran pertama Piala Jerman (DFB Pokal) MSV Dusiburg v BVB Borussia Dortmund di Dusiburg, Jerman barat pada 14 September 2020.AFP/THILO SCHMUELGEN Gelandang Inggris Dortmund Jude Bellingham (kanan) merayakan gol bersama rekan setimnya gelandang Inggris Dortmund Jadon Sancho dan penyerang Dortmund asal Belgia Thorgan Hazard selama pertandingan sepak bola putaran pertama Piala Jerman (DFB Pokal) MSV Dusiburg v BVB Borussia Dortmund di Dusiburg, Jerman barat pada 14 September 2020.

Waktu itu, Maruoko adalah pemain pinjaman Dortmund dari klub Liga Jepang Cerezo Osaka.

Menurut Maruoko, saat berlatih, Klopp sangat serius dan disiplin.

Baca juga: Ada Kemarahan Juergen Klopp di Balik Kemenangan Liverpool atas Chelsea

"Paling penting, Klopp selalu memberikan nasihat tentang bermain sepak bola kepada para pemain, termasuk saya," tuturnya.

Seorang kru televisi diperiksa temperaturnya saat hendak memasuki stadion Signal Iduna Park untuk meliput laga Borussia Dortmund vs Schalke pada 16 Mei 2020.AFP/MARTIN MEISSNER Seorang kru televisi diperiksa temperaturnya saat hendak memasuki stadion Signal Iduna Park untuk meliput laga Borussia Dortmund vs Schalke pada 16 Mei 2020.

Lantaran polesan Klopp itu, Maruoko mengaku kemampuannya kian berkembang hingga kini.

"Ia saya anggap sebagai sebagai ayah kedua," katanya.

Selama di Dortmund, Maruoko bermain 26 kali.

Selama masa bermain itu, Maruoko masuk dalam tim cadangan.

Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol GIovanni Reyna (ketiga dari kanan) pada laga Bundesliga kontra Borussia Moenchengladbach di Stadion Signal Iduna, Dortmund, 19 September 2020.AFP/INA FASSBENDER Para pemain Borussia Dortmund merayakan gol GIovanni Reyna (ketiga dari kanan) pada laga Bundesliga kontra Borussia Moenchengladbach di Stadion Signal Iduna, Dortmund, 19 September 2020.

Sekarang, Mitsuru Maruoko menjadi penggawa BG Pathum United, klub Liga Thailand.

Juergen Klopp adalah pelatih Dortmund pada 2008-2015.

Sejak 2015, Klopp yang lahir di Stutgart, Jerman, adalah pelatih Liverpool.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X