Shin Tae-yong Bakal Bikin Timnas U19 Lebih Baik

Kompas.com - 23/09/2020, 08:10 WIB
Skuad Timnas U19 Indonesia saat bertemu dengan Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, 11 September 2020. Dok. PSSISkuad Timnas U19 Indonesia saat bertemu dengan Arab Saudi dalam laga uji coba di Kroasia, 11 September 2020.

MALANG, KOMPAS.com - Polesan tangan dingin Shin Tae-yong sukses memberikan warna baru pada timnas U19 Indonesia.

Direktur Teknik Persik Kediri, Joko Susilo, mengakui, timnas menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan sejak ditangani pelatih asal Korea Selatan itu. Utamanya selama pemusatan latihan di Kroasia.

“Saya suka dengan perkembangan timnas U19. Timnas U19 sudah ada di tangan pelatih yang tepat menurut saya,” kata pelatih yang berlisensi AFC Pro itu kepada Kompas.com.

Sejauh ini, timnas U19 sudah menjalani lima kali pertandingan uji coba. Dari kelimanya berakhir dengan satu kemenangan dua hasil seri dan dua kekalahan telak dari Bulgaria (0-3) dan dari Kroasia (0-7).

Akan tetapi, dua penampilan terakhir M. Supriadi dan kawan-kawan saat melawan Qatar banjir pujian.

Dari segi permainan, tim tampak lebih dinamis dan kreatif. Transisi dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya dilakukan dengan sangat disiplin.  

Perkembangan dari segi mental pun tak kalah hebatnya. Pemain tak segan melakukan duel-duel langsung dengan pemain yang lebih unggul dari segi postur.

Baca juga: PSSI: Bek Fiorentina Kevin Diks Tak Mungkin Masuk Timnas Indonesia

Beberapa kali timnas juga berhasil menunjukkan kualitas mentalnya dengan berhasil keluar dari tekanan saat dalam kondisi tertinggal.

Perkembangan yang ditunjukan Garuda Muda ini sukses membuat penikmat sepak bola tersenyum manis penuh optimis tak terkecuali Joko Susilo.

Pelatih asal Cepu tersebut optimis Shin Tae-yong akan memberikan kejutan yang lebih besar lagi. Sebab, dia melihat sejauh ini latihan yang diberikan Shin Tae-yong masih bersifat pembentukan pondasi awal.

“Saya yakin tim ini akan semakin bagus nantinya. Kenapa?  Shin Tae Yong belum menyentuh aspek taktikan secara menyeluruh,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X