Ramai Isu Naturalisasi Pemain Brasil untuk Timnas U19, Sesmenpora: Itu Ranah PSSI

Kompas.com - 20/08/2020, 18:07 WIB
Dua pemain muda Brasil yang sedang menjalani latihan bersama Persija Jakarta, Thiago Apolinario dan Maike Henrique Irine de Lima. DOK. PERSIJADua pemain muda Brasil yang sedang menjalani latihan bersama Persija Jakarta, Thiago Apolinario dan Maike Henrique Irine de Lima.

KOMPAS.com - Wacana naturalisasi para pemain muda Brasil kian ramai diperbincangkan.

Hal itu disebabkan karena beberapa pemain muda asal Brasil tiba-tiba bergabung ke beberapa klub besar Tanah Air seperti Persija Jakarta, Arema FC, dan Madura United.

Dua pemain asal Brasil bergabung dengan Persija yakni Thiago Apolinario (19) dan Maike Henrique Irine de Lima (19).

Sementara, Arema kedatangan Pedro Bartolo Jardim (18) dan Hugo Guilherme Correa Grillo (19).

Adapun Madura United kedatangan satu pemain asal Brasil yakni Robert Junior Rodrigues Santos yang juga baru berusia 19 tahun.

Baca juga: Aturan FIFA Ini Bisa Jegal Rencana Naturalisasi Pemain Muda Brasil untuk Piala Dunia U20

Naturalisasi para pemain Brasil tersebut kemudian ramai jadi bahan perbincangan setelah petinggi Arema menyinggung timnas Indonesia.

Melihat umur para pemain Brasil tersebut, tak pelak isu naturalisasi mereka diproyeksikan untuk timnas U19 Indonesia pada Piala Dunia U20 mendatang.

"Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat kepada para pemain lokal di timnas, adanya investasi jangka panjang pemain asing ini diharapkan juga ada tranfser pengetahuan, skill antar pemain asing dan lokal," kata General Manager Arema, Ruddy Widodo.

Menanggapi wacana tersebut, KOMPAS.com pun kemudian menghubungi Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot S Dewa Broto untuk dimintai keterangan.

Gatot mengisyaratkan hal-hal tersebut merupakan ranah PSSI dan belum ada obrolan apa pun dengan pihak Kemenpora.

Baca juga: Terungkap, Arema FC Siapkan Program Naturalisasi Pemain Muda Asing Potensial

"Kami belum tahu, itu ranah PSSI," kata Gatot saat dihubungi Kompas.com pada Kamis (20/8/2020) sore WIB.

Adapun kabar naturalisasi para pemain Brasil ini mendatangkan pro-kontra.

Salah satu yang tidak setuju dengan kabar tersebut adalah mantan pelatih timnas U19, Fakhri Husaini.

"Jika memang PSSI sudah kehilangan rasa percaya dirinya terhadap para pemain lokal, serahkan saja status tuan rumah Piala Dunia U20 kepada negara lain," tulis Fakhri Husaini di akun Instagramnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X