Fakta Menarik Protokol Kesehatan Liga Champions, Minimal 13 Pemain Masih Bisa Merumput

Kompas.com - 12/08/2020, 08:00 WIB
Logo Liga Champions AFP PHOTO / PATRIK STOLLARZLogo Liga Champions

KOMPAS.com - UEFA telah membuat protokol kesehatan ketat menjelang berlangsungnya turnamen mini Liga Champions di Lisbon pada 12-23 Agustus 2020.

Babak perempat final hingga final Liga Champions bakal dimainkan di Estadio Da Luz dan Jose Alvalade di Lisbon di bawah protokol kesehatan ketat UEFA bertajuk "Return to Play" yang dipaparkan dalam 31 halaman.

Protokol "Return to Play" tersebut diperkuat oleh presentasi lebih dari 130 halaman yang dipaparkan UEFA ke 12 klub yang berpartisipasi.

Beberapa hal menarik yang tercantum dalam protokol kesehatan tersebut adalah:

Penunjukan Petugas Medis

Setiap klub harus menunjuk Medical Liasion Officer (MLO) yang bertanggung jawab terhadap semua keperluan tes Covid-19. Para petugas ini haruslah seseorang yang mempunyai kapabilitas medis walau tak harus selalu dokter tim.

Semua tim juga harus menunjuk Protocol Compliance Officer (PCO) yang harus memastikan semua personel menghormati langkah-langkah social distancing saat bepergian, di akomodasi tim, dan senantiasa menjaga kebersihan umum.

Baca juga: Kabar Buruk Atletico Madrid, Lonjakan Kasus Positif di Tim Wanita

Semua pemain, pelatih, asisten, wasit, dan pegawai tim yang lolos ke delapan besar di Lisbon harus menjalani tes dua hari sebelum terbang ke Lisbon dengan hasilnya dikirim ke UEFA.

Tes akan kembali diulang saat tim-tim tiba di Lisbon.

Mereka yang mengembalikan hasil positif, seperti duo Atletico Madrid Sime Vrsaljko dan Angel Correa, tak boleh berangkat ke ibu kota Portugal tersebut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X