Kompas.com - 10/08/2020, 21:41 WIB
Kiper Barcelona Inaki Pena mengambil bagian dalam sesi latihan di tempat latihan Joan Gamper Sports City di Barcelona pada 16 September 2019 menjelang pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Borussia Dortmund dan Barcelona. AFP/PAU BARRENAKiper Barcelona Inaki Pena mengambil bagian dalam sesi latihan di tempat latihan Joan Gamper Sports City di Barcelona pada 16 September 2019 menjelang pertandingan sepak bola Grup F Liga Champions antara Borussia Dortmund dan Barcelona.

BARCELONA, KOMPAS.com - Pandemi corona membawa dampak bagi industri sepak bola, termasuk La Liga atau Liga Spanyol.

Klub Barcelona ikut merasakan hal itu.

Gagal menembus target pendapatan hingga hingga angka 1,23 miliar dollar AS atau sekitar Rp 17,2 triliun per April 2020, Barcelona berupaya mencari sumber-sumber pendapatan lain.

Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona dan Napoli di Stadion Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB. AFP/LUIS GENE Lionel Messi (kanan) melakukan selebrasi usai mencetak gol dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona dan Napoli di Stadion Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB.

"Kondisi ini membuat rencana pembenahan stadion dan fasilitas lainnya menjadi mundur dari target awal pada 2025," kata Presiden Barcelona Josep Bartomeu.

Saat ini, salah satu sponsor perlengkapan latihan Barcelona, Beko, juga mengaku terdampak corona.

Makanya, perusahaan elektronik asal Turki ini hanya mematok kemitraan beriklan satu musim saja, musim 2020-2021.

Lionel Messi merayakan gol bersama rekan-rekannya dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona dan Napoli di Stadion Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB. AFP/LUIS GENE Lionel Messi merayakan gol bersama rekan-rekannya dalam laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara Barcelona dan Napoli di Stadion Camp Nou, Sabtu (8/8/2020) atau Minggu (9/8/2020) dini hari WIB.

Beko mulai 2014 menjadi sponsor bagian lengan jersey Barcelona.

Terkini, Beko sepakat membayar iklan sekitar 67 juta dollar AS atau setara dengan Rp 938 miliar untuk satu musim ke depan.

Rakuten

Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu (kiri), berpose dengan CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani, di Stadion Camp Nou, Rabu (16/11/2016).LLUIS GENE/AFP Presiden FC Barcelona, Josep Maria Bartomeu (kiri), berpose dengan CEO Rakuten, Hiroshi Mikitani, di Stadion Camp Nou, Rabu (16/11/2016).

Sebelumnya, perusahaan e-commerce asal Jepang, Rakuten tinggal setahun lagi bertahan di jersey Barcelona.

Kedua pihak sudah bersiap meneken kata sepakat untuk perpanjangan kontrak.

Pemain tengah Barcelona, Frenkie De Jong (2L), diberi selamat atas golnya oleh rekan setimnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Betis dan FC Barcelona di stadion Benito Villamarin di Seville pada 9 Februari 2020.AFP/CRISTINA QUICLER Pemain tengah Barcelona, Frenkie De Jong (2L), diberi selamat atas golnya oleh rekan setimnya selama pertandingan sepak bola liga Spanyol antara Real Betis dan FC Barcelona di stadion Benito Villamarin di Seville pada 9 Februari 2020.

Rakuten sudah ada di jersey bagian dada Barcelona mulai 2016.

Sejak Juli 2017 sampai dengan Juni 2021, perusahaan itu menyetor dana iklan hingga 259 juta dollar AS atau sekitar Rp 3,626 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.