Bundesliga dengan Penonton, Leipzig Terbuka, Muenchen Menunda

Kompas.com - 05/08/2020, 17:10 WIB
Markas RB Leipzig, Red Bull Arena. Boris Streubel/BundesligaMarkas RB Leipzig, Red Bull Arena.

BERLIN, KOMPAS.com - Rencana pelaksanaan Bundesliga musim 2020-2021 dengan kehadiran penonton langsung di stadion masih mendapat tanggapan berbeda.

"Kebijakan itu menyesuiakan dengan kebijakan pemerintah wilayah tentang pandemi corona," kata hasil rapat virtual 38 klub Bundesliga 1 dan 2 pada Selasa (5/8/2020).

Skuad Bayern Muenchen saat merayakan gelar Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman, musim 2019-2020.AFP/KAI PFAFFENBACH Skuad Bayern Muenchen saat merayakan gelar Bundesliga, kasta tertinggi Liga Jerman, musim 2019-2020.

Klub RB Leipzig misalnya bersiap memberi lampu hijau pada kehadiran penonton langsung.

Pasalnya, pemerintah negara bagian memberi dukungan.

Baca juga: Wah, Enggak Bisa Ngebir Lagi di Bundesliga!

Sementara, lain soal dengan Bayern Muenchen.

Ilustrasi penumpang pesawat, bepergian di tengah pandemi virus corona.Shutterstock Ilustrasi penumpang pesawat, bepergian di tengah pandemi virus corona.

Pemerintah negara bagian Bavaria, tempat asal juara Bundesliga 2019-2020 masih menunda kebijakan itu lantaran wabah corona di situ masih terbilang mengkhawatirkan.

Namun demikian, ada protokol teramat ketat yang wajib dijalankan para suporter.

Para pemain Dortmund merayakan setelah mencetak gol pembuka selama pertandingan sepakbola divisi satu Jerman, Vfl Wolfsburg vs Borussia Dortmund di Wolfsburg, pada 23 Mei 2020.AFP/MICHAEL SOHN Para pemain Dortmund merayakan setelah mencetak gol pembuka selama pertandingan sepakbola divisi satu Jerman, Vfl Wolfsburg vs Borussia Dortmund di Wolfsburg, pada 23 Mei 2020.

Jumlah penonton pun dibatasi tak mencapai seluruh kapasitas stadion.

Hal itu, lagi-lagi, terkait dengan pencegahan penyebaran virus Covod-19.

Seorang kru televisi diperiksa temperaturnya saat hendak memasuki stadion Signal Iduna Park untuk meliput laga Borussia Dortmund vs Schalke pada 16 Mei 2020.AFP/MARTIN MEISSNER Seorang kru televisi diperiksa temperaturnya saat hendak memasuki stadion Signal Iduna Park untuk meliput laga Borussia Dortmund vs Schalke pada 16 Mei 2020.

Klub-klub juga sepakat mengosongkan tribun berdiri.

"Akan lebih mudah mengatur posisi menjaga jarak antara penonton di tribun bertempat duduk," kata Bundesliga.



Sumber FirstPost
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X