Alasan Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Korea

Kompas.com - 29/07/2020, 22:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae Yong dan penerjemahnya Yoo Jae Hoon menyaksikan pertandingan babak penyisihan grup A Piala Gubernur Jatim 2020 Bhayangkara FC melawan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan skor 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jawa Timur, Rabu (12/02/2020) sore.
|

KOMPAS.com - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkap alasan Shin Tae-yong ingin membawa timnas Indonesia, khususnya timnas U19, menjalani TC (pemusatan latihan) di Korea Selatan.

Pelatih Shin Tae-yong memang berkeinginan untuk membawa anak asuhnya itu berlatih di negeri asalnya tersebut.

Terkait hal itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyebut alasan di balik keinginan Shin Tae-yong mengadakan TC di Korea Selatan.

Mochamad Iriawan mengatakan, Shin Tae-yong menyadari akan sulit mendatangkan lawan untuk uji coba internasional ke Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Soal TC di Korea, PSSI Minta Shin Tae-yong Tak Tinggalkan Timnas Senior

Jika di Korea, timnas lebih mudah mendapatkan lawan karena di sana liga sudah bergulir dan kualitas klub sangat baik.

"Shin menyampaikan ada empat sampai lima lawan yang bisa dihadapi oleh timnas," tutur Iriawan dikutip dari Antaranews, Rabu (29/7/2020).

"Jadi, bukan hanya bertanding, melainkan juga atmosfer pertandingan untuk mengincar kemenangan," kata sosok yang biasa disapa Iwan Bule itu.

Adapun tim nasional dan U19 Indonesia tengah mengikuti pemusatan latihan (TC) yang rangkaian kegiatannya berlangsung pada 23 Juli-8 Agustus 2020 di Jakarta.

Latihan di lapangan rencananya dimulai pada 1 Agustus 2020.

Baca juga: Harapan KONI pada Shin Tae-yong: Bawa Timnas Indonesia Berprestasi seperti Korsel

Ada 29 pemain timnas senior dan 46 pemain timnas U-19 yang dipanggil pelatih timnas Shin Tae-yong untuk TC tersebut.

Timnas U19 dipersiapkan untuk mengikuti Piala Asia U19 di Uzbekistan pada 14-31 Oktober 2020 dan Piala Dunia U20 tahun 2021.

Timnas senior akan menghadapi tuan rumah Thailand pada 8 Oktober 2020, lalu menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober 2020, dan bertandang ke Vietnam pada 12 November 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X