7 Keputusan VAR yang Memihak Man United, Terbanyak Kedua di Liga Inggris Musim Ini

Kompas.com - 29/07/2020, 18:18 WIB
Layar video raksasa di Selhurst Park menunjukkan hasil keputusan VAR pada laga Crystal Palace kontra Manchester United, 16 Juli 2020. AFP/GLYN KIRKLayar video raksasa di Selhurst Park menunjukkan hasil keputusan VAR pada laga Crystal Palace kontra Manchester United, 16 Juli 2020.

KOMPAS.com - Musim 2019-2020 menjadi musim pertama Liga Inggris yang bergulir menggunakan VAR alias Video Assistant Referee untuk membantu para pengadil.

VAR digunakan agar wasit di lapangan dapat membuat keputusan lebih akurat.

Wasit dapat melakukan review VAR untuk insiden gol/tidak gol, penalti/tidak penalti, kartu merah langsung, atau kesalahan identitas pemain.

Akan tetapi, sering kali VAR memerlukan waktu lama untuk mengambil keputusan dan tak jarang menimbulkan kontroversi.

Baca juga: Man United Redam Ambisi Transfer Jack Grealish, Fokus ke Jadon Sancho

Ketiadaan monitor di pinggir lapangan pada sebagian besar pertandingan Liga Inggris menjadi salah satu alasan wasit tak dapat optimal menerapkan bantuan VAR di Premier League musim ini.

Pada akhirnya, VAR terlibat dalam 109 gol atau insiden sepanjang musim ini.

Manchester United tujuh kali diuntungkan oleh keputusan VAR musim ini, baik itu gol lawan dianulir atau gol mereka yang disahkan.

Jumlah tersebut adalah terbanyak kedua di Liga Inggris setelah Brighton (8).

Berikut adalah tujuh keputusan VAR yang memihak Setan Merah tersebut:

Pertandingan: Vs Arsenal (Kandang), 30 September

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X