Kompas.com - 22/05/2020, 17:50 WIB

MILAN, KOMPAS.com - Sebentar lagi, Stadion San Siro di Milan, Italia, tinggal menjadi kenangan.

Stadion gaek yang karib dikenal sebagai Stadion Giuseppe Meazza itu sudah mendapatkan legalitas dari Otoritas Peninggalan Bersejarah Italia untuk dibongkar.

Baca juga: Sejarah Hari Ini: Manchester United Hancur Lebur di San Siro

Menurut rencana, klub yang bermarkas di stadion itu, AC Milan dan Inter Milan tak bakal lagi bermain di situ selamanya.

Stefan De Vrij berbicara dengan Milan Skriniar pada pertandingan Inter Milan vs Napoli di semifinal Coppa Italia yang digelar di Stadion Giuseppe Meazza, 12 Februari 2020.AFP/GETTY IMAGES/EMILIO ANDREOLI Stefan De Vrij berbicara dengan Milan Skriniar pada pertandingan Inter Milan vs Napoli di semifinal Coppa Italia yang digelar di Stadion Giuseppe Meazza, 12 Februari 2020.

Alasannya, akan ada stadion baru di lokasi baru yang bakal dibangun.

Stadion San Siro dibangun pada masa 1920-an.

Stadion itu memiliki luas lapangan 105 meter x 68 meter.

Zlatan Ibrahimovic dan Kevin-Prince Boateng pada laga Inter Milan vs AC Milan di Stadion Giuseppe Meazza, 6 Mei 2012.AFP/GIUSEPPE CACACE Zlatan Ibrahimovic dan Kevin-Prince Boateng pada laga Inter Milan vs AC Milan di Stadion Giuseppe Meazza, 6 Mei 2012.

Stadion baru yang akan dibangun merupakan hasil kerja sama antara pemerintah Kota Milan dan para pemilik masing-masing klub.

AC Milan dimiliki oleh konglomerat asal AS Elliott.

Pertandingan AC Milan vs Genoa di Stadion San Siro, Minggu (8/3/2020), digelar tanpa dihadiri penonton.Dok. AC Milan Pertandingan AC Milan vs Genoa di Stadion San Siro, Minggu (8/3/2020), digelar tanpa dihadiri penonton.

Sementara, pemilik Inter Milan adalah perusahan ritel elektronik asal China, Suning.

Stadion baru akan berkapasitas 60.000 tempat duduk dan berlokasi dekat dengan stadion lama.

Dana pembangunan yang dibutuhkan untuk stadion baru itu mencapai 1,2 miliar euro.

Pemain depan Inter Milan Argentina Mauro Icardi dan pemain depan Inter Milan Argentina Lautaro Martinez meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions UEFA Inter Milan vs PSV Eindhoven pada 11 Desember 2018 di stadion San Siro di Milan.AFP/MARCO BERTORELLO Pemain depan Inter Milan Argentina Mauro Icardi dan pemain depan Inter Milan Argentina Lautaro Martinez meninggalkan lapangan pada akhir pertandingan sepak bola Grup B Liga Champions UEFA Inter Milan vs PSV Eindhoven pada 11 Desember 2018 di stadion San Siro di Milan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.