Cerita Unik Pemain Arema Atasi Kendala Peralatan Saat Latihan Online

Kompas.com - 31/03/2020, 11:40 WIB
Salah satupemain asal Tulehu yang bermain di Arema FC, Ridwan Tawainella. KOMPAS.com/Suci RahayuSalah satupemain asal Tulehu yang bermain di Arema FC, Ridwan Tawainella.

MALANG, KOMPAS.com - Salah satu tantangan menjalani latihan secara online adalah masalah kesiapan peralatan masing-masing pemain.

Sejak menerapkan latihan via video call grup menggunakan aplikasi Google Duo, latihan Arema FC dilakukan mirip dengan latihan yang diterapkan di lapangan.

Melalui hubungan video dua arah para pelatih memberikan aba-aba, instruksi dan juga evaluasi layaknya di lapangan.

Baca juga: Alasan Gelandang Arema Belum Pulang ke Bandung Selama Liburan

Tantangan kembali muncul saat tim pelatih ingin melakukan program yang membutuhkan peralatatan latihan.

Seperti saat latihan, kelincahan dan kecepatan yang membutuhkan cone marker sebagai patern lari.

Lantaran tidak semua pemain memiliki cone marker di rumah, pemain Arema FC punya cara kreatif untuk mengakalinya. Barang-barang seadanya pun mereka sulap menjadi cone marker ala-ala. 

“Mungkin pemain kesulitan dengan peralatan seadaannya sampai-sampai botol-botol air mineral, batu, kayu dibuat seperti cones,” kata asisten pelatih, Charis Yulianto kepada Kompas.com.

Benda-benda tidak biasa tersebut praktis menjadi guyonan tersendiri diantara pemain. Membuat sesi latihan menjadi gaduh seperti saat latihan rutin biasanya sebagai selingan ditengah sesi latihan yang serius.

“Tapi saya salut dengan seluruh pemain, artinya mereka ada kemauan untuk berlatih,” imbuhnya.

Asisten pelatih Mario Gomez tersebut belum mewajibkan pemainnya untuk melengkapi perlalatan latihannya.

Namun dia mengimbau akan lebih baik jika setiap pemain sepak bola memiliki peralatan latihan sendiri. Dengan begitu, latihan tetap terjaga.

“Seorang pemain sangat perlu memiliki peralatan sendiri selain bola. Antara lain seperti cones, leader dan skipping,” tutur pelatih yang pernah menjadi kapten Arema tersebut.

“Ya untuk menyiasati waktu libur atau urgen saat seperti ini, kadang-kadang kan juga ada pemain yang malas pergi ke gym juga (latihan dirumah saja),” tandasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X