Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/03/2020, 20:40 WIB
Kevin Topan Kristianto,
Nugyasa Laksamana

Tim Redaksi

Sumber FIFA

KOMPAS.com - Penyebaran virus corona telah berdampak pada sejumlah kompetisi olahraga di dunia.

Berbagai negara di belahan dunia bahkan telah menerapkan lockdown (pencegahan untuk keluar-masuk suatu wilayah) guna menghambat penyebaran virus corona atau yang akrab pula disebut Covid-19.

Merespons wabah virus corona tersebut, Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, di kantor pusat WHO, di Jenewa, Swiss, Jumat (13/3/2020) waktu setempat.

Pertemuan guna membahas bagaimana sepak bola dapat membantu WHO menanggapi virus corona yang menyebar hampir di seluruh belahan dunia.

FIFA dan WHO, yang berkerja sama dengan tokoh terkemuka lainnya di World Football, akan meluncurkan kampanye bersama mengenai virus corona.

Baca juga: Virus Corona Buat FIFA Tunda Kunjungan ke Indonesia

Dalam kampanye tersebut, mereka ingin menyampaikan untuk meningkatkan kesadaran dan berbagai inisiatif untuk memastikan semua orang terlindung dari virus corona.

"Badan pimpinan olahraga dan para pengambil keputusan harus selalu ingat bahwa kesehatan berada di urutan pertama," kata Gianni Infantino yang dilansir dari laman resmi FIFA.

"Semua badan olahraga harus siap mengikuti pedoman nasional, berdasarkan penilainan risiko yang menyeluruh, untuk menggelar peristiwa yang aman atau mengambil tindakan lain yang diperlukan untuk melindungi kesehatan para penggemar, pemain, dan pelatih."

Hingga Sabtu (14/3/2020) malam WIB, ada 147.399 kasus aktif virus corona di berbagai belahan dunia dengan total kematian 5.526.

Baca juga: Presiden FIFA Respons Wabah Corona yang Ancam Sejumlah Laga Internasional

Kasus terbanyak di China (80.973), disusul Italia (17.660), lalu Iran (12.729).

Kabar baiknya ada 71.715 kasus pasien yang telah dinyatakan sembuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber FIFA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com