Kompetisi Sepak Bola yang Sehat Penting bagi Persatuan Bangsa

Kompas.com - 24/02/2020, 18:21 WIB
Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir (kanan) bersama Menpora Zainudin Amali (tengah) dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kanan) saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020). Dok. Shopee Liga 1Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir (kanan) bersama Menpora Zainudin Amali (tengah) dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kedua dari kanan) saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020).
|

KOMPAS.com - Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, menyatakan komitmennya untuk terus mendukung sepak bola Indonesia menjadi semakin sehat dan profesional.

Hal tersebut disampaikan saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020.

Pandu menganggap sepak bola dapat menjadi salah satu sarana untuk mempersatukan bangsa.

"Masyarakat Indonesia, seperti yang kita tahu ini kan sangat mencintai sepak bola, dan kompetisi ini mungkin bisa menjadi salah satu sarana yang terbaik untuk bisa mempersatukan negara yang kita cintai ini, Republik Indonesia," ujar Pandu di Hotel Fairmont, Jakarta, Senin 24 Februari 2020, dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Daftar Sementara Wasit dan Asisten Wasit untuk Liga 1 2020

Pandu tidak memungkiri bahwa untuk sampai ke tujuan tersebut harus melalui jalan yang panjang.

Namun, ia yakin dengan komitmennya untuk terus mendukung sepak bola Indonesia.

"Sebuah kompetisi yang bagus tidak bisa berjalan sendirian, dibutuhkan kerja sama dan kolaborasi antar-berbagai pihak, baik operator liga, klub, pemain, penyelenggara pertandingan, maupun kehadiran sponsor," kata Pandu.

Pandu melihat perkembangan sepak bola Tanah Air selama satu tahun terakhir mulai berjalan ke arah yang diharapkan.

Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020). Dok. Shopee Liga 1 Presiden Komisaris SEA Group, Induk Perusahaan Shopee, Pandu P Sjahrir, saat acara Press Conference & Launching Shopee Liga 1 2020, Senin (24/2/2020).

Hal itu pula yang mendasari dirinya terus berkomitmen mendukung perkembangan sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi ke depan.

"Selama satu tahun terakhir kita melihat perkembangan sepak bola Indonesia itu positif, apalagi tahun 2021 kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia U20," ujarnya.

"Jadi, ini momentum yang sangat baik untuk Indonesia. Ini adalah bentuk kontinuitas, bahwa investasi ini kan tidak bisa hanya setahun, harus multiyear. Kami melihat sama seperti membangun e-commerce, kami harus melihat ini jangka panjang," tuturnya.

Baca juga: Bhayangkara FC Rilis 32 Pemain untuk Liga 1 2020, 14 Nama Akrab dengan Timnas

Pandu Sjahrir adalah Presiden Komisaris perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, SEA Group.

SEA Group merupakan induk bagi beberapa perusahaan, seperti e-commerce Shopee dan juga Garena, penyedia platform untuk berbagai game di Asia Tenggara. 

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X