Hasil Latihan Bebas ARRC 2019 di Buriram, Sinyal Waspada bagi AHRT

Kompas.com - 29/11/2019, 17:36 WIB
Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, bertekad mempertahankan posisinya di puncak klasemen Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas AP250. AHRTPebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Irfan Ardiansyah, bertekad mempertahankan posisinya di puncak klasemen Asia Road Racing Championship (ARRC) 2019 kelas AP250.

BURIRAM, KOMPAS.com - Tiga pebalap tim Astra Honda Racing Team ( AHRT) tak mampu menembus posisi lima besar pada tiga latihan bebas (free practise/FP) seri pamungkas Asia Road Racing Championship ( ARRC) 2019 kelas Asia Production (AP) 250.

Dalam kombinasi tiga sesi FP di Sirkuit Chang International, Buriram, Thailand, Jumat (29/11/2019), Awhin Sanjaya menempati peringkat terbaik untuk skuad AHRT. Dia berada di urutan kedelapan, terpaut 1,118 detik dari pebalap teratas untuk tiga sesi tersebut.

Di bawah Awhin, berturut-turut ada Irfan Ardiansyah (posisi kesembilan) dan Lucky Hendriansya (10).

Baca juga: Rizky Christianto Optimistis AHRT Pertahankan Gelar Juara ARRC

Pebalap Indonesia yang membela tim Bike Corner SYS KYT Racing Team, Rafid Topan Sucipto, mendominasi latihan bebas ini. Dia menempati urutan teratas dengan catatan fastest lap 1 menit 53,039 detik ketika melahap satu putaran lintasan dengan panjang 4.554 meter tersebut.

Sementara itu pesaing Irfan dan Ahwin dalam perebutan gelar juara ARRC 2019, Andy Muhammad Fadly, berada di urutan ketujuh. Pebalap tim Manual Tech KYT Kawasaki Racing tersebut terpaut 0,780 detik dari Rafid Topan.

Ini tentu saja menjadi sinyal waspada untuk AHRT dalam usahanya meraih hat-trick ARRC kelas AP 250cc.

Ya, Andy Muhammad dan Irfan saat ini menempati posisi teratas klasemen sementara ARRC 2019 kelas AP 250cc. Keduanya sama-sama meraih 176 poin dari enam seri yang sudah dilalui.

Meski demikian, Irfan berhak menduduki puncak klasemen karena unggul jumlah podium. Dari enam seri atau 12 balapan yang sudah dilalui, Irfan tujuh kali naik podium sedangkan Andy enam kali.

Sementara itu Awhin menempati peringkat ketiga. Dia menjadi ancaman serius bagi Irfan dan Andy karena hanya terpaut 14 poin dari mereka.

Namun, fakta tersebut bukan sebuah hal yang menakutkan bagi AHRT. Manager motor sport AHM, Rizky Christianto, menegaskan bahwa mereka memiliki strategi dalam menghadapi rangkaian sebuah seri balapan.

Baca juga: Pebalap Astra Honda Racing Team Bidik Hattrick Gelar Juara ARRC

"Ada beberapa strategi yang biasa kami lakukan. Pada tahap pertama, kami tidak terlalu nge-push pebalap untuk cari waktu tetapi lebih kepada penyetelan awal. Bagaimana supaya pebalap nyaman dengan pengesetan dan sirkuit," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terpopuler

komentar di artikel lainnya
Close Ads X